Home / Natuna News / Resmi Tutup Masa Pencarian Korban, Bupati Natuna Dan Tim Gabungan Ziarah Makam Korban Yang Meninggal

Resmi Tutup Masa Pencarian Korban, Bupati Natuna Dan Tim Gabungan Ziarah Makam Korban Yang Meninggal

(wartaKominfo) – Minggu, 19 maret 2023, Bupati Natuna selaku komandan satgas Penanganan Bencana Longsor Serasan bersama seluruh tim gabungan menggelar rapat akhir masa penutupan masa pencarian korban bencana longsor serasan.

Dalam sambutanya Bupati Natuna menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh tim gabungan yang telah bekerja keras dalam penanganan bencana serasan. Dengan sinergi seluruh tim gabungan proses penanganan bencana ini dapat berjalan dengan sangat baik dan kondusif.

“Tentunya kerjasama seluruh tim gabungan sangat berpengaruh dalam penanganan bencana ini. Dari pemerintah daerah kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas bantuan dan dukungannya sehingga proses penangan bencana ini dapat berjalan dengan baik” Jelas Wan Siwandi

Selanjutnya Bupati Natuna dalam keterangannya secara resmi menyampaikan bahwa masa pencarian telah ditutup pertanggal 18 maret 2023, dan masuk pada tahap transisi dan recovery tanggap darurat hingga 31 maret 2023.

“Kita sudah bertemu dan melakukan mediasi dengan pihak keluarga untuk menyampaikan bahwa masa pencarian akan ditutup pada tanggal 18 maret 2023. Alhamdulillah setelah memberikan pengertian, keluarga dapat menerima dan sudah kita mengikhlaskan” Tambah Wan Siswandi

Dalam masa transisi ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan khususnya terkait perkembangan relokasi rumah yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR, lalu bagaimana korban yang terdampak dapat memilih dua alternatif. Pertama dapat tinggal dipengungsian dan kebutuhannya akan di penuhi. Kedua warga yang terdampak dapat tinggal diluar pengungsian dan akan diberikan uang hunian tunai dalam masa tunggu tiga bulan hingga rumah relokasi selesai dibangun.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda dalam sambutanya menyampaikan sebelum tim PUPR kembali dapat dipastikan terlebih dahulu untuk jalan dan jembatan yang terputus agar dapat diperbaiki dengan maksimal, sehingga akses jalan dapat kembali normal.

Berdasarkan data hari pencarian terakhir pertanggal 18 maret 2023, Dapat dilaporkan bahwa :
Data Korban Meninggal : 50 Jenazah Terindetifikasi
Korban Hilang : 04 Orang
Korban Luka Berat : 04 Orang (3 orang dirawat dikalimantan, 1 orang dirawat diranai )

Data Pengungsi :
Pengungsian PLBN : 33 Orang
Pengungsian Pelimpak : 26 Orang
Pengungsian Kp. Hilir : 66 Orang
Pengungsian Batu Berian : 22 Orang
Pengungsian Desa Payak : 05 Orang
Pengungsian Tanjung Setelung : 03 Orang
Pengungsian SMA 1 : 194 Orang
Pengungsian Air Nusa : 0 Orang
Pengungsian Jermalik : 33 Orang
Pengungsiang Arun Ayam : 72 Orang
Pengungsian Air Ringau : 4 Orang
Total Pengungsi : 478 Orang

Acara penutupan ditandai dengan penyerahan akte kematian dari Bupati Natuna kepada kepala Desa Pangkalan, lalu dilanjutkan dengan ziarah makan bersama oleh seluruh tim gabungan dan doa bersama yang dilaksanakan di mesjid Alfuqron.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Rakor Penanggulangan Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat koordinasi bersama beberapa OPD, ...