Home / Natuna News / Sambangi Beberapa Kementerian, Sekda Natuna Perjuangkan Peningkatan Layanan Jaringan Akses Internet Di Kabupaten Natuna

Sambangi Beberapa Kementerian, Sekda Natuna Perjuangkan Peningkatan Layanan Jaringan Akses Internet Di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) Selesa, 14 November 2023, dalam rangka peningkatan layanan jaringan telekomunikasi dan akses internet di Kabupaten Natuna, Sekda Natuna melakukan audiensi ke beberapa kementerian dan stakeholder terkait. Dalam Audensi Sekda Kabupaten Natuna ke berbagai pihak di atas,menindak lanjuti hasil Rapat Koooordinasi oleh Kemen Polhukam melalui Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi , Informasi dan Aparatur dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika yang dilaksanakan di Kabupaten Natuna pada tanggal 01 November 2023 di Kantor Bupati Natuna.

Dalam audiensinya Sekda Natuna didampingi Plt Kadis Kominfo Natuna menyambangi Kemenko Polhukam RI, Kemen Kominfo RI,dan BAKTI Kominfo . Audiensi tersebut secara khusus menyampaikan aspirasi dan rekomendasi terkait kondisi pembangunan dan kebutuhan layanan akses intertnet di Kabupaten Natuna.

Dalam audiensi tersebut Sekda menyampaikan kembali bahwa Kabupaten Natuna sangat memerlukan peningkatan serta pembangunan jaringan dan akses telekomunikasi di seluruh wilayah Kabupaten Natuna, dimana Natuna adalah merupakan pulau terdepan dan terluar, terdiri dari pulau-pulau yang batasi oleh laut.

“Pada kesempata ini ada dua rekomendasi yang menjadi prioritas kami terkait pemerataan pembangunan akses internet di wilayah pulau terluar. khususnya kecamatan midai dan kecamatan pulau laut yang sampai saat ini sangat sulit akses internetnya. Besar harapan kita peningkatan layanan akses internet pada dua kecamatan ini dapat meningkatakan kesejahteraan masyarakat di perbatasan“ Jelas Boy Wijarnako.

Lebih Lanjut , Sekda Natuna juga menyampaikan butuhnya jaringan dan akses telekomunikasi sangat diperlukan karena Natuna dalam turut serta menjaga kedaulatan NKRI, karena berbatasan langsung dengan negara-negara luar ( vietnam, malaysia ) dan berada di jalur lalu lintas laut internasional ALKI – 1( Alur Laut Kepulauan Indonesia ), sehinga sangat perlu lancarnya akses telekomunikasi dalam menyampaikan informasi dengan cepat.

“Percepatan perbaikan dan pembangunan jaringan dan akses internet ini sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilpres tahun 2024, dikarenakan semua laporan disampaikan memerlukan akses internet yang baik mulai dari tingkat TPS hingga megirim laporan ke pusat, Oleh karena itu kami sangat butuh perhatian pe memerintah pusat untuk segera mencari solusi atas kesulitan signal, akses internet buat kami di daerah perbatasan terluar” Tambah Boy Wijanarko.

Plt Kadis Kominfo, Ikhwan solihin yang turut mendampingi Sekda Natuna menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang menjadi rekomendasi dalam audiensi tersebut di antaranya :

1. Meminta dukungan kepada BAKTI untuk memberikan bantuan akses internet dalam menyukseskan agenda pemilu mendatang.
2. Peningkatan Akses internet di tiga wilayah Pulat Laut : Desa Air Payang, Desa Kadur , dan Desa Tanjung Pala.
3. Peningkatan Kapasitas Bandwitch di Pulau Midai dan Pulau Laut
4. Menyampaikan usulan akses internet dibeberapa layanan umum
5. Melakukan koordinasi lebih lanjut terkait ekspansi terhadap jalur jalur yang belum dilalui oleh palapa ring.

Camat Pulau laut yang juga turut hadir dalam kesempatan tersebut dalam laporanya menyampaikan , terdapat 3 titik lokasi BTS USO Bakti yang belum dapat memberikan layanan optimal kepada masyarakat, Yakni :
a. Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut
b. Desa Kadur, Kecamatan Pulau Laut
c. Desa Tanjung Pala, Kecamatan Pulau Laut

Menyambut Audiensi tersebut , Kemenko Polhukam RI, Kemen Kominfo RI, BAKTI Kominfo sangat mengapresiasi usaha pemerintah daerah Kabupaten Natuna dalam peningkatan layanan akses internet di perbatasan . seluruh rekomendasi yang disampaikan akan ditindak lanjuti dengan memberikan mandat kepada pihak terkait untuk memaksimalkan penguatan layanan akses telekomunikasi dan internet di Kabupaten Natuna.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Lepas Peserta Pawai Takbir Keliling Idul Fitri 1445 H, Wakil Bupati Natuna Himbau Agar Mematuhi Rambu Lalu Lintas

(wartaKominfo) – Selamat malam untuk kita semua. Terimakasih kepada seluruh FKPD yg ...