Home / Natuna News / SDM Pengadaan Barang/Jasa Harus Berkompeten

SDM Pengadaan Barang/Jasa Harus Berkompeten

(WartaKominfo) – SDM merupakan hal yang sangat penting termasuk SDM Pengadaan Barang/Jasa. Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2007 dan Nomor 16 Tahun 2018, bahwa SDM pengadaan harus kompeten, dan kewajiban kompetensi ini harus terpenuhi pada tahun 2023. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Suharti dalam sambutannya saat menghadiri Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Tingkat Dasar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Natuna, Senin (22/04) di Hotel Trend Sentral Jl. Pramuka Ranai – Natuna.

Suharti juga mengatakan bahwa dampak dari pengadaan barang dan jasa yang tidak tepat guna,  tidak hati-hati atau dilakukan oleh orang yang bukan berkompeten, pasti kualitas pengadaannya tidak bagus, terjadi pemborosan anggaran dan tidak efisien.

Selain itu, Suharti juga mengingatkan bahwa tujuan pengadaan itu bukan hanya soal efektif dan efisien saja, akan tetapi juga harus dilakukan dengan memperhatikan dari berbagai sisi, adanya penelitian, pengadaan yang berkelanjutan dalam artian dampak dari pengadaan tersebut dilihat apakah baik bagi masyarakat, lingkungan serta ekonomi di Natuna ini.

“Yang paling penting dilihat dalam tujuan pengadaan adalah tepat dari sisi kualitas, tepat dari sisi kuantitas, tepat dari sisi lokasinya, tepat dari sisi biayanya, tepat dari sisi waktunya dan tepat dibidangnya. Sebagai pejabat pengadaan harus menjaga integritas dan kejujuran” lanjut Suharti.

Kegiatan Bimtek Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna ini mendapat perhatian khusus oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Pengadaan Barang dan Jasa tersebut. Karena memang, selama ini Kabupaten Natuna belum pernah terpantau olehnya melaksanakan pelatihan terkait pengadaan barang/jasa.

Suharti berharap ini menjadi langkah awal dan memang ini baru tingkat dasar. Untuk itu, ia merasa senang dan bangga Kabupaten Natuna telah mengadakan Kegiatan Bimtek tersebut. Jika pemerintah Kabupaten Natuna punya perhatian kepada pengadaan, berarti pemerintah Kabupaten Natuna juga punya perhatian pada Pembangunan Indonesia. (Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Dianggap Baik Dalam Mengelola Keuangan Daerah

(WartaKominfo) – Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” merupakan sebuah predikat baik yang didapatkan ...