web site hit counter
Home / Natuna News / Semangat Membaca, Modal Meraih Kesejahteraan

Semangat Membaca, Modal Meraih Kesejahteraan

Tgl Rilis: Kamis, 8 November 2012 | 21:25

Membaca merupakan langkah awal untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan, karena dengan membaca akan membawa kita kepada kondisi yang lebih siap untuk menjawab persaingan global dan tantangan zaman dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini.

Demikian disampaikan Bupati Natuna melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Izwar Asfawi saat membuka secara resmi Kegiatan Pameran Buku dalam rangka Pemasyarakatan dan Pembiasaan membaca Untuk Mendorong terwujudnya Masyarakat Pembelajar, Senin (8/10) Pagi di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai.

Lebih lanjut ditambahkan, saat ini minat baca masyarakat Indonesia paling rendah dibanding beberapa Negara asia lainnya. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya jumlah buku baru yang terbit dalam setiap tahunnya yaitu hanya sekitar delapan Ribu judul buku pertahun.

Ini disebabkan budaya dan tradisi masyarakat Indonesia yang tergolong fasih bertutur, serta selalu kecenderungan memilih segala hal yang bersifat instan. Misalnya dalam hal memperoleh informasi, tanpa disadari menonton televisi telah mampu mempengaruhi perubahan prilaku masyarakat, yaitu tertarik dengan efek audio visual yang menyebabkan minat baca menurun, padahal diketahui, menonton televisi terkadang tidak mampu memberikan informasi yang lengkap mengingat kemampuan pemahaman manusia tentunya berbeda antara satu dengan yang lain.

Secara bertahap, masyarakat kita sudah mulai menyadari manfaat membaca serta pentingnya peran dan fungsi perpustakaan bagi pengembangan diri. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya taman bacaan dan lembaga sejenis, namun hal itu tidak menjamin keberadaan perpustakaan dapat berkembang dengan sendirinya, terlebih mengingat kendala yang pastinya ditemui diantaranya keterbatasan bahan bacaan, pengelolaan yang kurang professional serta sarana dan prasarana yang masih sangat sederhana.

Untuk itu, pemerintah akan berupaya memberikan perhatian khusus pada pengembangan perpustakaan melalui berbagai kegiatan strategis dengan harapan suatu saat nanti peran perpustakaan maupun lembaga sejenis dapat benar – benar ditingkatkan menjadi pusat informasi serta menunjang terciptanya suasana masyarakat pembelajar, cerdas dan berkualitas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia kegiatan yang juga Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Boy Wijanarko Varianto, SE melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong minat baca masyarakat, memberikan pemahaman kepada semua kalangan terhadap pentingnya keberadaan perpustakaan, mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap koleksi buku Perpustakaan Daerah Kabupaten Natuna, dapat menjadi media informasi pada perkembangan buku dan memasyarakatkan buku sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari hari.

Selain kegiatan tersebut, juga diikuti dengan kegiatan bedah buku, workshop tata cara penulisan fiksi dan non fiksi dan hiburan yang melibatkan siswa dari Taman kanak-kanak sampai SLTA.

Pameran diikuti oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Sekolah tinggi Agama Islam Natuna, Penulis, Persatuan Jurnalis Natuna, Untuk tingkat sekolah diikuti, TK Pembina, TK Angkasa, TK Pertiwi. Sekolah Dasar dari SDN 001 Ranai, 002 Ranai dan 007 Darat Ranai. Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) diikuti oleh SLTP 001, 002 dan MTs Negeri Ranai. Untuk tingkat SLTA dikuti oleh SMU 1, SMU 2, MAN Ranai dan SMK YPMN Ranai. Kegiatan berlangsung dari tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober, untuk pameran dibuka dari pukul 09.00 sampai 23.00 wib.

(Bagian Humas Setda. Kab. Natuna : Mz/Alx)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Jajaki Kerjasama dengan Dubes Singapura

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, kembali melakukan penjajakan kerjasama ...