Home / Natuna News / Pemda Natuna Ikuti Forum Koordinasi Pelayanan Publik Bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Pemda Natuna Ikuti Forum Koordinasi Pelayanan Publik Bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dalam hal ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ikhwan Solihin, Kepala Dinas Sosial Natuna, Puryanti, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Sari Ekawati beserta perwakilan RSUD Natuna menghadiri Kegiatan Forum Koordinasi Pelayanan Publik (FKPP) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PANRB) bertempat di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Jl. Duyung Sei Jodoh, Batam, Selasa (04/06/2024).

Kegiatan forum ini dibuat untuk meningkatkan pemahaman dan menjaring masukan dari stakeholders terkait kebijakan pelayanan publik khususnya tentang transformasi digital, yang berfokus pada strategi dalam mendorong para penyelenggara pelayanan untuk lebih intensif dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan di bidang pelayanan publik.

Forum juga dihadiri perwakilan Biro Organisasi dari 10 Provinsi di Sumatera, bagian Organisasi Dinas Kominfo dan RSUD pada 50 Pemerintah Kabupaten Kota di Pulau Sumatera.

Forum ini dibuka secara resmi oleh Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik, Akik Dwi Suharto Rudolfus. Dalam sambutannya Akik menyampaikan bahwa perkembangan pesat penggunaan internet di Indonesia, membuka peluang bagi penyelenggara pelayanan publik untuk memperkuat implementasi pelayanan publik dengan fokus tranformasi menjadi pelayanan berbasis digital yang lebih relevan dalam konteks kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik.

“Melalui data terbaru tahun 2023, bahwa tingkat penetrasi internet di indonesia telah mencapai 73.7% hal ini membuka peluang besar bagi kita untuk mengembangkan layanan publik berbasis digital yg lebih cepat, efisien, dan transparan. Tranformasi digital ini tidak hanya tentang penerapan teknologi tetapi juga mengenai perubahan paradigma dan budaya kerja didalam pemerintahan, dalam hal ini konsep e-government atau pemerintahan berbasis elektronik sangat relevan yaitu upaya penggunaan teknologi informasj untuk meningkatkan akses dan efesiensi pelayanan publik,” pungkas Akik Dwi Suharti Rudolfus.

Kegiatan Forum Koordinasi Pelayanan Publik yang bertema “Penguatan Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Dalam Rangka Mewujudkan Transformasi Pelayanan Publik Berbasis Digital” diisi dengan beberapa sesi yaitu talkshow, sharing session, coaching session, sekaligus konsultasi langsung melalui dialog dengan Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB.

Diskominfo/Nia

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...