web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Seminar Pra Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA)

Seminar Pra Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA)

Tgl Rilis: Wednesday, 11 August 2010 | 14:26

Kabupaten Natuna memiliki begitu banyak potensi pariwisata wilayah kepulauan yang dirasa memiliki nilai jual tinggi. Namun sangat disayangkan karena sampai saat ini potensi tersebut belum terekspos secara baik. Untuk itu kepedulian dari para stakeholder yang bergerak dibidang pariwisata dan seluruh pihak terkait guna mengoptimalkan pengembangan potensi wisata yang ada.

Sudah saatnya pariwisata di Kabupaten Natuna dikembangankan secara benar dan terprogram secara baik sehingga potensi wisata tersebut benar-benar mampu menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Namun pada pelaksanaan pengembangan pariwisata, hendaknya berbagai jenis potensi pariwisata dapat dikemas secara seimbang, jangan hanya wisata keindahan alam saja, melainkan hal-hal lain yang memiliki nilai khas Kabupaten Natuna, misalnya wisata kuliner, selain dari itu, Natuna juga memiliki hutan yang lebat yang dapat dijadikan lokasi wisata berburu dan lain sebagainya, namun syaat utama pengembangan sarana dan prasarana pendukung (listrik, transportasi, air dsb) harus selalu dibenahi.

Demikian disampaikan Bupati Natuna melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si saat memberikan sambutan dan pengarahan pada acara pembukaan Seminar Pra Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA) Kabupaten Natuna, Selasa (10/08) pagi di Aula Kantor Bupati Natuna.

Beliau menambahkan untuk kemajuan perkembangan daerah dan wisata di Kabupaten Natuna paradigma yang ada dimasyarakat harus dapat dirubah agar tidak terjadi benturan baik secara sosial dan agama dalam perjalanannya nanti, akan tetapi nilai-nilai keagamaan pun jangan pernah ditinggalkan agar dapat menjadi filter bagi bagi pengaruh negative modernisasi dan globalisasi. Rasa aman yang ditimbulkan dari situasi yang kondusif juga menjadi salah satu factor pendukung maju dan berkembangannya dunia wisata disuatu daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata, Drs, H, Syamsul Hilal dalam laporannya menyatakan bahwa seminar pra rencana induk pengembangan pariwisata daerah merupakan wadah bagi setiap instansi terkait untuk mengemukakan saran dan pendapat sebelum tim ekspedisi secara langsung kelapangan memantau kelayakan daerah atau objek yang akan dijadikan potensi wisata disertai dengan hambatan yang dimiliki tiap objek yang ditemukan.

Ketua Tim Leader Consultan, Deni Herianto mengatakan bahwa banyak pendapat yang dikemukakan oleh berbagai pihak yang pernah datang dan melihat langsung kondisi alam Natuna bahwa alamnya sangat indah tetapi sayang belum tertata secara baik sehingga tidak dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan perekonomian daerah.

Adapun tujuan dari Ripda agar dapat menjadi arah pengembangan pariwisata dan menjadi pedoman utama bagi stockholder pariwisata Kabupaten Natuna termasuk pemerintah Provinsi yang mengakomodasi setiap isu –isu yang berkembang secara sinergi. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (11/08/2010)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Natuna Jadi Kawasan UNESCO Global Geopark, Bupati Harap Jadi Penguatan Strategis

(wartaKominfo) – Bupati  Natuna Wan Siswandi menghadiri kegiatan Diskusi Bersama Ketua Badan ...