Home / Natuna News / Rapat Koordinasi Inovasi Daerah Kabupaten Natuna.

Rapat Koordinasi Inovasi Daerah Kabupaten Natuna.

(wartaKominfo) – Sistem Inovasi Daerah merupakan suatu bentuk cara pandang/pendekatan pembangunan daerah yang dilakukan secara sistematis, inovatif, holistik, berkelanjutan, dengan lebih menekankan kerja kolaboratif antar stakeholder pembangunan daerah.

Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal ini Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Koordinasi Inovasi Daerah pada Kamis, 02 Juni 2022 bertempat di ruag rapat BP3D Natuna.

Rapat yang digelar secara hybrid dengan stakeholder sampai tingkat kecamatan mengusung tema Satu Sisi Satu Inovasi (SISI) dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Tasrif.

Dalam paparan pembukaan Tasrif menjelaskan tiga hal yang melatarbelakangi inovasi daerah diantaranya angka kemiskinan yang masih tinggi, tingkat pengangguran terbuka (TPT) masih tinggi dan keterbatasan APBD Natuna.

“Pemkab Natuna mewajibkan pelayanan Satu Instansi Satu Inovasi dengan tujuan mewujudkan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah desa dan kesejahteraan masyarakat” jelas Tasrif.

Lebih lanjut dalam pelaksanaan inovasi daerah di lingkungann Pemerintah Kabupaten Natuna mewajibkan setiap instansi mnghasilkan satu inovasi setiap tahunnya mulai dari Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala RSUD, Kepala UPT Puskesmas, Kepala Satuan Pendidikan Usia Dini san Satuan Pendidikan Dasar, Lurah dan Kepala Desa juga menghasilkan satu inovasi setiap tahunnya.

Tata kelola pemerintah daerah dalam hal ini pelayanan publik dan bentuk inovasi lainnya wajib diikutsertakan dalam sistem aplikasi indeks inovasi daerah yang diselenggarakan oleh Kemenrian Dalam Negeri dan juga mengikutsertakan inovasi pelayanan publik yang sudah dihasilkan dalam kompetensi pelayanan publik yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Sitem Informasi Inovasi Pelayanan Publik.

Dalam rapat ini juga membahas kriteria inovasi daerah harus mengandung pembaharuan sebagian/seluruh unsur inovasi, memberi manfaat bagi masyarakat dan dapat di replikasi. Pada akhir rapat diharapkan sinergi dan dukungan antar OPD sangat dibutuhkan dalam mewujudkan inovasi daerah.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Temu Tokoh Lintas Agama Menuju Natuna Rukun, Damai dan Berkemajuan

(wartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda membuka acara Dialog Temu Tokoh ...