Home / Natuna News / Tiga Menteri Tinjau Lokasi Bencana Serasan, Siap Dukung Percepatan Penanganan Bencana Dan Pasca Bencana di Wilayah Pulau Serasan

Tiga Menteri Tinjau Lokasi Bencana Serasan, Siap Dukung Percepatan Penanganan Bencana Dan Pasca Bencana di Wilayah Pulau Serasan

(wartaKominfo) – Jumat, 10 Maret 2023 , Bupati Natuna didampingi Bupati Natuna menyambut kunjungan beberapa menteri di lokasi bencana pulau serasan dan serasan timur, beberapa menteri yang hadir di antaranya : Menko, Menson dan Menteri PUPR , juga hadir kepala BNPB serta kepala BMKG RI.

Bupati Natuna dalam tinjauan tersebut menyampaikan kondisi tanggap darurat yang sedang berjalan . Secara umum proses penanganan bencana berjalan dengan baik dan didukung dengan sinergitas yang baik dari seluruh personil gabungan tanggap bencana.

“Saat ini dalam 7 hari penetapan status bencana tanggap darurat, kami fokuskan untuk memaksimalkan mencari korban yang hilang. Kami berharap dengan jumlah personil 700 orang yang membantu, dapat memaksimalkan proses pencarian” Jelas Wan Siswandi

Tiba di Serasan Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung meninjau beberapa titik lokasi pengungsian yang ada di pulau serasan maupun serasan timur. Beberapa hal yang menjadi fokus menteri risma adalah proses distribusi logistik dapat berjalan dengan baik.

“Jadi tinjauan hari ini untukuntuk memastikan bahwa korban yang berada di pengungsian dapat terpenuhi kebutuhannya selama berada di pengungsian. Kami juga memastikan agar pengiriman logistic dapat didistribusikan dengan lancar dan langsung dapat dirasakan oleh masyarakat” Jelas Tri Rismaharini.

Menko PMK, Mudhajireffendy yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa potensi bencana akan selalu ada, lalu bagaimana kita selalu waspada dan mendorong antisipasi terjadinya bencana.

“Seperti yang disampaikan oleh BMKG bahwa ada banyak wilayah yang berpotensi terjadinya longsor, sehingga perlu dipastikan seluruh warga yang berada di serasan berada ditempat yang aman dan jauh dari radius wilayah zona merah yang ditetapkan dan berpotensi terjadinya bencana susulan” Jelas Muhadjir Effendy.

Menteri PUPR , Basuki yang juga turut hadir dalam tinjauan langsung tersebut menambahkan bahwa relokasi rumah akan segera dilakukan pemetaan agar pemulihan pasca bencana dapat dilakukan sesegera mungkin.

“Seperti yang disampaikan oleh Pak Bupati, bahwa relokasi rumah yang di ajukan sebanyak 100 rumah. Hal ini dilakukan guna menghindari pembangunan kembali di wilayah wilayah rawan bencana. Sehingga kita berharap pemerintah pusat dan daerah dapat bersinerhi dengan baik dalam membangun rumah yang aman dan nyaman untuk masyarakat “ Tutup Menteri Basuki.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Dan Pengawasan Perizinan Online

(wartaKominfo) – Salah satu langkah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Natuna dalam meningkatkan ...