Home / Natuna News / Potensi SAR Daerah untuk Minimalisir Response Time Bencana dan Penyelamatan Jiwa

Potensi SAR Daerah untuk Minimalisir Response Time Bencana dan Penyelamatan Jiwa

Bertempat di Ruang Aula Hotel Natuna, Ranai, (26/11) Pagi, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Natuna,  Izwar Aspawi membuka secara resmi Workshop, Rapat Koordinasi dan Latihan SAR Daerah Yang selenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Muhamad Arifin, anggota FKPD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, beberapa ketua Organisasi komunitas profesi, dan karang taruna Kabupaten Natuna

Keberadaan Potensi  SAR di Natuna diharapkan mampu meminimalisir waktu tanggap ( respon time) dalam penanganan kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia.
Dalam sambutanya Izwar menyampaikan bahwa keberadaan Potensi  SAR di Natuna diharapkan mampu meminimalisir waktu tanggap ( respon time) dalam penanganan kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pembinaan dan pelatihan potensi SAR guna meningkatkan sumber daya manusia dan untuk menunjang  kelancaran operasional pelayanan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Natuna, Maxianus Bekabel mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta potensi SAR yang memiliki  pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan atau berbagai peristiwa yang bersifat mengancam dan membahayakan jiwa manusia.

Kepada para peserta potensi SAR dirinya berharap agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan konsentrasi, agar apa yang disampaikan bisa diaplikasikan di lapangan nantinya. Selanjutnya Loe umbara selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk  meningkatkan keterampilan dan kemampuan personil kantor SAR dan potensi SAR dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan,

Selain itu juga menyampaikan informasi dan edukasi serta membentuk potensi SAR agar mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang tehnik-tehnik pencarian dan pertolongan pada berbagai bentuk kecelakaan maupun peristiwa yang membahayakan jiwa manusia.

Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 60 orang, terdiri dari  Personil Kantor SAR Natuna, unsur  TNI, Polri, instansi pemerintah daerah, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, komunitas, organisasi kepemudaan dan profesi diwilayah kerja Kabupaten Natuna. (Humas_Pro/PkL*S4ndy/Seltia)

RILIS PERS, Nomor : 1032 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

x

Check Also

Musrenbang RPJPD 2025-2045 Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Kamis, 25 April 2024. Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Musyawarah Perencanaan ...