Home / Natuna News / Wakil Bupati Natuna Resmi Luncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kabupaten Natuna 2024

Wakil Bupati Natuna Resmi Luncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kabupaten Natuna 2024

(wartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda didampingi Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko secara resmi meluncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Natuna tahun 2024, acara dilaksanakan di Posyandu Bunda Ratu, Padang Kurak, Kelurahan Bandarsyah, Bunguran Timur pada Rabu (05/06/2024) Pagi.

Launching atau Peluncuran kegiatan ini bertujuan untuk mendukung keberhasilan kegiatan sesuai dengan arahan dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.5.3/3161/Bangda yaitu terlaksananya intervensi serentak pencegahan stunting di daerah melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, bayi di bawah 5 (lima) tahun dan calon pengantin secara berkelanjutan yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2024.

Rodhial Huda yang juga menjadi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (Ketua TPPS) di Kabupaten Natuna menyampaikan, capaian intervensi stunting Kabupaten Natuna yaitu sebesar 12,35% (EPPGM Februari 2024) dan 16% (SKI 2023). Upaya pencegahan stunting yang terus diupayakan ini tidak dilakukan hanya pada saat melakukan launching tapi dilakukan secara terus-menerus dengan mengajak seluruh masyarakat berkunjung ke posyandu.

“Sepanjang tahun terakhir kita telah melihat kemajuan yang signifikan, tidak hanya meninjau capaian tersebut lebih penting lagi untuk kita memperkuat strategi, meningkatkan kualitas data dalam upaya mencapai kebijakan yang lebih tepat dan efektif, serta evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan intervensi dengan menghasilkan perubahan yang diharapkan,” pungkas Rodhial Huda.

Oleh karena itu, Rodhial dalam sambutannya turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu menyukseskan kegiatan dalam upaya mencegah stunting di Kabupaten Natuna.

“Marilah kita sukseskan kegiatan yang merupakan upaya kita dalam melawan stunting yang masih menjadi salah satu tantangan kesehatan di Kabupaten Natuna,” tutup Rodhial Huda.

Sementara Camat Bunguran Timur, Hamid Hasnan dalam kesempatannya menyampaikan, kegiatan posyandu dalam rangka intervensi pencegahan stunting ini telah dihadiri oleh lebih dari 50% dari jumlah peserta posyandu Bunda Ratu.

“Kegiatan posyandu serentak telah dilaksanakan sesuai dengan intruksi, pada hari ini kondisi posyandu bunda ratu yang berjumlah 94 balita lebih dari 50% telah hadir di posyandu, semoga kegiatan ini dapat mencapai tujuan kita dalam upaya mencegah stunting di Natuna,” jelas Hamid Hasnan.

Kegiatan launching yang juga dilaksanakan secara daring melalui zoom ini dihadiri oleh beberapa Kepala OPD Natuna, Camat se-Kabupaten Natuna, Perwakilan TP PKK Natuna, TP PKK Kecamatan dan peserta posyandu.

Diskominfo/Nia

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...