Home / Natuna News / Asisten Ekbang Kabupaten Natuna Buka Pelatihan Kewirausahaan

Asisten Ekbang Kabupaten Natuna Buka Pelatihan Kewirausahaan

Bertempat di Aula Hotel Central, senin (09/03), Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan, dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan segenap peserta yang merupakan pelaku usaha di Kabupaten Natuna. Kegiatan ini diharapkan mampu memacu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi usahawan pemula, sebagai bentuk upaya menciptakan lapangan pekerjaan, penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan social serta mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat.

Dalam sambutannya, Tasrif mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memacu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi usahawan pemula, sebagai bentuk upaya menciptakan lapangan pekerjaan, penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan social serta mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu implementasi Undang-Undang UMKM Nomor 20 Tahun 2008, dimana masyarakat sebagai pelaku kewirausahaan memiliki peran penting untuk mengembangkan serta mewujudkan keberlangsungan ekonomi bangsa.

Hal ini sejalan dengan misi pemerintah daerah, yaitu mewujudkan perekonomian berbasis sumber daya alam potensi daerah dan strategi pembangunan untuk mendukung penguatan kelembagaan UMKN. Sebab Pemerintah Daerah tentunya akan sulit membangun daerah  tanpa adanya keterlibatan masyarakat khususnya dunia kewirausahaan.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan segala potensi yang ada, termasuk peningkatan mutu dan kualitas sumberdaya manusia sebagai modal dan potensi daerah, untuk lebih memaksimalkan berkembangnya dunia wirausaha.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna, Agus Supardi melaporkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan segala potensi yang ada, termasuk peningkatan mutu dan kualitas sumberdaya manusia sebagai modal dan potensi daerah, untuk lebih memaksimalkan berkembangnya dunia wirausaha.

Adapun kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari (dari tanggal 9 s.d 11 Maret 2020) dengan peserta berjumlah 30 orang yang merupakan pelaku usaha perwakilan dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Natuna.

Agus Supardi juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini, peserta akan diberikan informasi, pemahaman dan keterampilan dalam mengelola usaha secara baik, menumbuhkan mental wira usaha dalam mengemas potensi daerah menjadi bernilai ekonomis. (Pro_Kopim/Sri, Diana/Seltia)

RILIS PERS, Nomor : 1125 /PRO_KOPIM/2020

x

Check Also

Tembus Rp1,040 T, Pendapatan APBD Natuna 2022 Masih Didominasi Transfer Pusat

MEDIAKEPRI, DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Natuna tentang ...