Home / Natuna News / Buka Musrenbang Kecamatan Serasan Timur, Bupati Natuna Fokus Pada Penguatan Ekonomi dan Sumberdaya Manusia

Buka Musrenbang Kecamatan Serasan Timur, Bupati Natuna Fokus Pada Penguatan Ekonomi dan Sumberdaya Manusia

(wartaKominfo) – Sabtu, 11 Februari 2023, setelah menyelesaikan kunjungan kerja di kecamatan Serasan, Bupati Natuna dan Wakil Bupati Natuna beserta rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke Kecamatan Serasan Timur.

Kunjungan kerja ke Serasan Timur diawali dengan pembukaan musrenbang Kecamatan Serasan Timur. Dalam Sambutanya Sekretaris Camat Serasan Timur, Karnadi menyampaikan bahwa sebelum musrenbang kecamatan telah dilaksanakan musrenbang desa untuk menampung aspirasi terkait rencana pembangunan di masing masing desa.

“Kami berharap melalui musrenbang ini dapat memenuhi tahapan pembangun dikecamatan serasan timur, sekaligus menetapkan prioritas pembangunan sehingga dapat terciptanya pemerataan pembangunan di desa desa” Jelas Karnadi

Wakil Bupati Natuna, sebagai kepala TPPS Kabupaten Natuna mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan kepada desa arung ayam sebagai desa bebas stunting.

“Stunting menjadi prioritas pemerintah karena menyangkut kesehatan Balita, Anak dan ibu. Angka stunting di Kabupaten Natuna Nomor 2 tertinggi di provinsi dengan persentase 18 %. Sehingga kami tim TPPS terus mendorong penuturan angka stunting dengan mengejar capain indikator penuruan stunting yang telah ditetapkan oleh kementerian.”

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutanya menyampaikan dengan adanya refocusing anggaran pemerintah terus mendorong tahapan pengajuan usulan psmbangunan harus mengacu pada skala prioritas pembangunan.

“Dengan adanya recofusing anggaran, pemerintah daerah telah melakukan audiensi dengan kementerian dan pemerintah pusat. Dari hasil audiensi tersebut Kabupaten Natuna mendapat berbagai dukungan diantaranya pembangunan bendungan, tambahan daya listrik, pembangunan bendungan dan beberapa pembangunan di berbagai sektor” Jelas Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menambahkan bahwa fokus pembangunan pemerintah daerah tidak hanya pada pembangunan fisik, tapi juga pembangunan sumberdaya manusia melalui kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan.

“Saat ini ada banyak trobosan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam penguatan sumberdaya manusia dengan memberikan beasiswa kepada anak daerah untuk berkuliah dibeberapa universitas di Indonesia, yang tujuannya adalah saat mereka telah lulus nanti mereka dapat kembali ke daerah asal dan membangun daerahnya sesuai dengan disiplin ilmu yang di tekuni” Tambah Wan Siswandi.

Terkait penguatan ekonomi, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan pemerintah daerah terus mendorong pembanguan infrastruktur ekonomi. Bagaimana desa dapat menerapkan sistem ” One Village One Product”, bagaimana daerah dapat memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan produk yang menggambarkan keunikan daerahnya ” Jelas Rodhial Huda.

Acara Musrenbang Kecamatan Serasan Timur ditandai dengan penyampain langsung usulan pembangunan, diantaranya :
1. Pembangunan Halaman Kantor Camat Serasan Timur.
2. Peningkatan Sinyal di Kecamatan Serasan Timur.
3. Pelebaran Pelabuhan Batu Ampar
4. Pengembangan Wisata Pantai Tebung
5. Pembangunan Rumah Dinas Kecamatan
6. Pembangunan Jalan Desa Payak
7. Lanjutan pembangunan batu miring Kampung Batu Putih
8. Pembangunan Posyandu Desa Arung Ayam
9. Rehab Pemeliharan Jalan Gang Dusun III
10. Revitalisasi pelabuhan Air Nusa
11.Pembangunan Tower Desa Air Lengau
12. Pengadaan Mesin Jahit untuk kelompok perempuan.

Acara musrenbang Serasan Timur dilanjutkan dengan tanggapan langsung oleh tim atensi terkait usulan pembangunan yang diajukan oleh masing masing desa.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Bupati Natuna Hadiri Rapat Paripurna Dengan Agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Natuna Terhadap Rancangan Perda APBD Tahun 2024

(wartaKominfo) – Selasa, 28 November 2023. Diawali dengan laporan pembentukan aturan daerah ...