Home / Natuna News / Bupati Natuna Buka Secara Resmi Musrembang Kecamatan Bunguran Batubi Tahun 2023

Bupati Natuna Buka Secara Resmi Musrembang Kecamatan Bunguran Batubi Tahun 2023

(wartaKominfo) – Selasa, 07 Februari 2023 Bupati Natuna bersama Wakil Bupati Natuna menyambangi Kecamatan Bunguran Batubi dalam kegiatan musrenbang kecamatan Batubi, yang di laksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Batubi.

Acara mursenbang kecamatan bunguran batubi mngusung tema “Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan tata kelola pemerintah didukung dengan akselerasi kualitas sumberdaya manusia”. Dalam rangkain kegiatan musrenbang secara khusus membahas terkait program pembangunan 2024, yang akan di masukan pada sekala prioritas pembangunan pada musrenbang Kabupaten.

Dalam laporannya Camat Bunguran Batubi, Tri Didi menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan musyawarah pembangunan desa, yang kemudian dari hasil musyarawah tersebut menjadi usulan pembangunan yang akan disampaikan pada musrebang pada hari ini.

“Pada musyawarah 5 desa di Kecamatan Batubi, Kecamatan telah membagi menjadi 2 prioritas pembangunan yaitu, prirotas pembangunan desa dan prioritas pembangunan kecamatan. Kita berharap pada mursernbang tahun ini dapat menampung aspirasi desa yang disampaikan melalui kecamatan, yang kemudian mejadi sekala prioritas pembangunan yang diusulkan pada musrenbang kecamatan dan dilanjutkan menuju musrenbang Kabupate” Jelas Tri didi.

Dalam Sambutannya Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan mursenbang adalah bagian dari proses rencana pembangunan, yang merupakan bagian dari aspirasi masyarakat desa yang dirangkum dalam usulan rencana pembangunan kecamatan.

“Pada proses pengajuan usulan pembangunan akan melewati beberapa tahapan hingga usulan tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2024. Dengan adanya refousing anggaran sehingga usulan rencana pembangunan harus mengikuti skala prioritas. Usulan pembangunan yang memiliki urgensi dan butuh penanganan segera akan didahulukan karena menyangkut hajat hidup orang banyak” Jelas Wan Siswandi

Wan Siswandi juga menyampaikan bahwa skala prioritas pembanguan yang dijalankan oleh pemerintah adalah bagian dari usaha pemerintah untuk menghindari belanja terhutang. Wan Siswandi juga berharap pemerintah desa, kecamatan hingga Kabupaten dapat menganalisa dengan baik usulan program pembangunan.

“Dalam mendorong pembangunan daerah, pemerintah daerah melakukan audiensi dengan beberapa kementerian. Dimana hasil audiensi tersebut menghasilkan beberapa dukungan pembanguan baik pembangunan insftastruktur jalan, pembangunan 17 BTS, Bendungan Sebayar, penambahan Daya Listrik, dan masih banyak lagi bentuk bantuan lainnya yang sifatnya mendukung percepatan pembangunan daerah perbatasan” Jelas Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menyampaikan terkait sertifikt asset, pemerintah daerah telah menyerahkan sertifikat tanah kepemilikan transmigrasi dengan jumlah data SP 1 sebanyak 41 sertifikat, SP 2 sebanyak 28 sertifikat, SP 3 sebanyak 17 Sertifikat dan hari ini diserahkan sebanyak 33 sertifikat asset. Saat ini juga sedang dalam proses penerbitan sebanyak 654 sertifikat asset untuk daerah Batubi sebagai daerah transmigrasi.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menambahkan pemerintah daerah juga mendorong bagaimana desa dapat mengembangkan pembangunan berdasarkan potensi desa masing masing yang dikenal dengan branding “One Village One Product”, dengan masing masing desa memiliki branding tersendiri akan memudahkan pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi desa kepada investor.

Ada beberapa usulan yang disampaikan pada musrenbang tersebut oleh camat bunguran batubi, diantaranya :
1. Optimalisasi Green Spam untuk kesedian air bersih
2. Pembangunan Sanitasi Ipal Komunal di Desa Sedanau Timur
3. Lanjutan Pembangunan Jalan Kantor Camat menuju Sebangkar
4. Pembangunan Gedung Pertemuan Kecamatan Bunguran Batubi
5. Pembangunan Gedung UKSPF
6. Penambahan Ruangan dan Fasilitas Puskesmas
7. Pengadaan Lampu Jalan Pelabuhan Di wilayah Bunguran batubi
8. Penyedian Pupuk Kelompk tani
9. Lanjutan Pembangunan Jembatan Beton Dusun II Setungkuk
10. Pembukaan Lahan Perkebunan Di Air Pito
11. Pembangunan Budidaya Kepiting Bakau Desa Sedanau Timur
12. Renovasi Mesjid Al – Kholis Dusun II
13. Pembangunan Gedung Puskesmas Pembantu Sedanau Timur

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Wakil Bupati Rodhial Hadiri Haflah Sekaligus Wisuda Tahfiz SMP IT NIQ T.A. 2023/2024. 

(WartaKominfo) – Wakil Bupati, Rodhial Huda menghadiri Haflah sekaligus wisuda tahfiz SMP ...