Home / Natuna News / Bupati Natuna Dampingi Menteri Perhubungan Meninjau Pelabuhan Selat Lampa

Bupati Natuna Dampingi Menteri Perhubungan Meninjau Pelabuhan Selat Lampa

(wartaKominfo) – Bupati Natuna, Wan Siswandi beserta Forkopimda mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi ke Pelabuhan Selat Lampa dalam rangka meninjau fasilitas sarana dan prasarana Pelabuhan Selat Lampa (08/02/2024) sore.

Natuna sebagai wilayah kepulauan menggunakan transportasi laut sebagai transportasi utama untuk bepergian dan logistik, seperti Transportasi darat dan udara belum mampu menjangkau berbagai pulau di wilayah Natuna sehingga mayoritas masyarakat di Natuna menggunakan kapal untuk melakukan perjalanan.

Kabupaten Natuna terdapat satu pelabuhan ferry sungai di Binjai, satu pelabuhan kelas kapal perintis di Penagi, satu pelabuhan kapal kelas kapal motor, beberapa pelabuhan nelayan kecil untuk melaut,dan Pelabuhan kapal besar di Selat Lampa.

Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa perlunya penunjang sarana dan prasarana Pelabuhan Selat Lampa yang memadai sebagai pelabuhan kelas kapal besar.

“Alhamdulillah kami Natuna mempunyai sebuah pelabuhan untuk bersandar kapal-kapal besar tapi untuk saat ini sarana dan prasarananya masih belum memadai seperti ruang tunggu penumpang yang kapasitasnya masih kecil sedangkan kebutuhan ruang tunggu bisa sampai ratusan hingga ribuan penumpang. Tentu kita juga perlu pelabuhan kelas 1 yang bisa menampung ribuan penumpang,” ujar Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Kemudian Bupati Natuna juga mengharapkan dengan adanya fasilitas yang memadai akan membuat banyak sering bersandar dan membuat traffic datang/pergi ke Natuna semakin tinggi Intensitasnya.

“Kami mengharapkan kepada Kementerian Perhubungan agar mungkin bisa secepatnya merealisasikan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana penunjang Pelabuhan Selat Lampa agar nantinya banyak kapal yang pergi ke Natuna dan akan meningkatkan perekonomian dari segi logistik dan pariwisata dengan banyaknya pengunjung yang berkunjung ke Pulau Indah ini,” tambah Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Natuna sebagai daerah kepulauan perbatasan dan terluar harus mempunyai fasilitas pelabuhan yang memadai dengan sarana dan prasarana yang baik agar Tol Laut menjadi maksimal serta para penumpang nyaman.

“Saya senang bisa melihat keindahan Natuna yang di mana Natuna ini merupakan daerah kepulauan dan berbatasan langsung dengan sembilan negara. Tentu sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa Tol Laut menjadi prioritas utama untuk transportasi manusia dan logistik. Tentu nantinya kami dari Kementerian Perhubungan akan segera merealisasikan program pembaharuan Pelabuhan Selat Lampa ini agar nantinya pelayanan pelabuhan menjadi maksimal,” ujar Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...