web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Bupati Sidak Pasar

Bupati Sidak Pasar

Tgl Rilis: Friday, 20 July 2012 | 15:08

Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli,M.Si beserta jajaran Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan beberapa Anggota DPRD melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Rakyat Ranai, Kamis (19/07) siang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan dimana setiap menjelang bulan suci Ramadhan, masyarakat menjadi lebih konsumtif, tentunya peluang ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menaikan harga beberapa komoditi kebutuhan pangan.

Namun di Pasar Rakyat Ranai Sidak ini dimaksud memantau harga Sembako menjelang Ramadhan tahun ini, kenaikan harga yang terjadi tidak terlalu signifikan dan masih dalam jangkauan daya beli masyarakat di Ranai khususnya. Namun demikian, Bupati menghimbau kepada seluruh pedagang yang beroperasi di Pasar Rakyat Ranai agar dapat menjaga kestabilan harga (jika tidak terjadi kelangkaan barang).

Menurut salah satu pedagang tempatan (R. Simatupang), ada beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan, diantaranya harga ayam potong yang semula Rp.32.000,- menjadi Rp 35.000/kilogram. Sedangkan harga ikan belum terjadi kenaikan yang berarti. Hal ini dikarenakan ketersediaan ikan belum mengalami kelangkaan, mengingat cuaca yang cukup baik dan para nelayan masih dapat melakukan aktifitasnya seperti biasa.

Namun jika terjadi kenaikan harga barang, ini dikarenakan ongkos kirim komodity yang cukup tinggi. Untuk biaya kargo Batam – Natuna, para pedagang harus membayar Rp. 10.000/kilogram, sedangkan untuk di daerah lain (Kalimantan) ongkos tidak sampai harga di atas. Untuk itu, diharapkan kepada Pemerintah daerah agar dapat mencarikan solusi tepat untuk menekan harga barang – barang, terutama menjelang hari – hari besar keagamaan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati berjanji akan mencari jalan keluar dari permasalahan kelangkaan komdity (sembako) melalui koordinasi beberapa lembaga dan instansi. Rencananya sidak akan dilakukan kembali pada pertengahan bulan puasa menjelang hari raya Idul Fitri. (Bagian Humas Setda Kabupaten Natuna : Ermiza)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Antisipasi Joki Saat SKD, BKPSDM Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah

(wartaKominfo) – Badan Kepegawaian, Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Natuna telah ...