Home / Natuna News / Buka Musrenbang Kecamatan Suak Midai, Bupati Natuna Sampaikan Tahun 2024 Pemerintah Akan Lebih Fokus Dalam Peningkatan Perekonomian

Buka Musrenbang Kecamatan Suak Midai, Bupati Natuna Sampaikan Tahun 2024 Pemerintah Akan Lebih Fokus Dalam Peningkatan Perekonomian

(wartaKominfo) – Dalam Musrenbang dalam mengajukan permohonan pembangunan kita juga harus memperhatikan kemampuan keuangan Daerah, jangan sampai kita memaksakan pembangunan tanpa melihat kemampuan keuangan kita.

Hal tersebut di sampaikan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi ketika Membuka Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Suak Midai Tahun 2024, bertempat di Gedung Pertemuan Desa Gunung Jambat Suak Midai, Senin, 29/01/2023.

Dalam sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus melakukan beberapa upaya pembangunan infrastruktur dengan selalu berkoordinasi dengan para kementerian terkait pembangunan daerah.

“Dengan adanya pemotongan anggaran untuk daerah kami pemerintah daerah terus berupaya dengan selalu berkoordinasi dengan para kementerian terkait, untuk selalu berkoordinasi terkait dengan pembangunan di daerah kita, sehingga dapat bantuan dari kementerian tersebut, sehingga dapat di bangun beberapa Infrastruktur baik kesehatan dan pendidikan dan lainnya, contoh di Suak Midai Puskesmas, dan di Midai terealisasi kendaraan puskesmas keliling (puskel), dan di Ranai RSUD Natuna sudah memiliki alat CT SCAN, ini adalah hasil dari kami berkoordinasi bersama kementerian yang telah kami temui,” ucapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sudah melakukan beberapa upaya pembangunan di bidang pendidikan.

“Kalau di bidang Pendidikan kami berkoordinasi dengan beberapa perguruan tinggi ternama SKK migas, Universitas PLN, Universitas Kemaritiman, Universitas Telkom, dan beberapa kementerian pendidikan lainnya ,alhamdulillah kita mendapatkan beasiswa untuk anak-anak kita untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi ini adalah salah satu upaya kami untuk memajukan kualitas sumberdaya manusia di Natuna,” jelasnya

Dalam Musrenbang Kecamatan Suak Midai Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan usulan pembangunan akan pemerintah tindak lanjutkan dengan memperhatikan skala prioritas dan memperhatikan kondisi keuangan daerah.

“Di Kecamatan Suak Midai ini kami Pemerintah Daerah akan selalu berupaya melakukan pembangunan dengan memperhatikan skala prioritas dan kondisi keuangan yang akan nanti akan di alokasikan ke setiap Kecamatan,” pungkasnya

Beliau juga menyampaikan bahwa di tahun 3 kepemimpinan beliau, tahun 2024 akan berfokus pada pada pembangunan perekonomian.

“Di tahun ketiga kami memimpin yaitu tahun 2024 ini kami akan memfokus pembangunan di penguatan perekonomian dengan tidak mengurangi pembangunan lainnya, contoh kalau di Kecamatan Bunguran Tengah kami pemerintah daerah memberikan bantuan pupuk kepada petani ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga meningkatkan perekonomian daerah,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan harapan semoga di Kecamatan Suak Midai dapat mengajukan pembangunan peningkatan perekonomian daerah.

“Saya berharap di Kecamatan Suak Midai ini akan ada usulan pembangunan yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian salah satunya dengan pupuk pertanian, bibit cengkeh, dan peningkatan kualitas ternak sapi di daerah dengan beberapa ajuan pembangunan ini dapat meningkatkan perekonomian daerah kita di samping tanpa meninggalkan pembangunan infrastruktur,” tutupnya

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan produk lokal sangat bagus dalam peningkatan perekonomian.

“Bagaimana daerah harus dapat memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan produk yang menggambarkan keunikan daerahnya, sehingga masyarakat dapat menghasilkan produk sendiri beda dengan kecamatan lain, dengan hal ini dapat meningkatkan perekonomian”.

Dalam kesempatan yang sama Camat Suak Midai Zulfani Afwan menyampaikan bahwa ada beberapa ajuan prioritas pembanguan yang menjadi fokus Kecamatan Suak Midai. Beliau juga menyampaikan bahwa musrenbang Kecamatan telah melalui Musrenbang tingkat desa, yang kemudian disusun berdasarkan skala prioritas.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kepada Pemerintah Daerah bahwa di tahun 2023 di bidang kesehatan sudah membangun puskesmas puskesmas di Suak Midai, tetapi belum memiliki ambulan, beliau berharap di tahun 2024 bisa mendapatkan mobil ambulan.

Ada beberapa usulan rencana pembangunan musrenbang Kecamatan Suak Midai :
1.Revitalisasi jalan dari depan Puskesmas ke Sungai Merah.
2.Pembebasan Penebangan pohon kelapa yang menggangu jaringan listrik.
3. Lanjutan pembangunan jalan beton betulang jalan tanjung gunung jambat.
4.Lanjutan Revitalisasi jalan dari gunung teledu menuju tugu cengkeh.
5.Lanjutan pembangunan jalan beton betulang bakau besar menuju surau al-falah desa batu belanak.
6. Penambahan jaringan listrik tegangan rendah Desa Air Kumpai.
7.Rehap berat tempat pemandian Desa Air Kumpai.
8.Pembanguna pagar Surau Al-Mujahidin Air Kumpai.
10.Tenaga penyuluh untuk pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cengkeh dan kelapa.
11. Insentif penyuluh puskeswan

Dilanjutkan dengan tanggapan langsung dari tim atensi terkait usulan pembangunan yang di ajukan, untuk di urutkan skala prioritas pembangunan.

Acara tersebut di selaraskan dengan penyerahan logistik bencana dari dinas sosial kepada bagian logistik Suak Midai, kemudian di lanjutkan dengan penyerahan bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat Suak Midai yang di serahkan secara simbolis oleh Bupati Natuna Wan Siswandi.

Diskominfo/ Sadria

x

Check Also

Wakil Bupati Rodhial Hadiri Haflah Sekaligus Wisuda Tahfiz SMP IT NIQ T.A. 2023/2024. 

(WartaKominfo) – Wakil Bupati, Rodhial Huda menghadiri Haflah sekaligus wisuda tahfiz SMP ...