web site hit counter

LOGIN EMAIL NATUNAKAB

Home / Natuna News / Di Depan Bupati Natuna,Pangkogabwilhan 1 Jamin Laut Natuna Utara Aman Untuk Aktifitas Nelayan Natuna

Di Depan Bupati Natuna,Pangkogabwilhan 1 Jamin Laut Natuna Utara Aman Untuk Aktifitas Nelayan Natuna

Tgl Rilis: Friday, 24 September 2021 | 08:45

KR,Natuna- Pangkogabwilhaan 1 Laksmana Madya TNi Muhammad Ali meminta Pemkab Natuna menyampaikan pesan agar nelayan Natuna tidak merasa takut dengan keberadaan Kapal Perang Cina di wilayah ZEE Laut Natuna Utara..

”Kami menduga kapal perang mereka melakukan survei, tapi aktifitas itu tetap kita pantau dan terus menjadi pengawasan jajaran TNI,” tegasnya.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali menjamin  keberadaan kapal perang Cina di Perairan Natuna Utara telah dilakukan pemantauan langsung.

“Berdasarkan keputusan PBB tentang UNCLOS 1982 memperbolehkan kapal-kapal tersebut berlayar di kawasan Laut Natuna Utara selagi masih dalam kawasan zona ekonomi eksklusif,” jelas Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali lebih lanjut.

Untuk itu Pangkogabwilhan 1 berharap Bupati Natuna dan jajaran bisa menjelaskan kepada nelayan Natuna untuk tidak takut melaut, silahkan beraktifitas dan laporkan jika menemukan atau mengalami gangguan di laut, TNI akan siap menjamin keamanan NKRI,

”Kami berharap pak Bupati Natuna dan jajaran bisa membantu mensosialisasikan kepada nelayan di Natuna  untuk tidak takut melaut, silahkan beraktifitas seperti biasa, jika menemukan sesuatu yang janggal baik itu kapal ikan asing atau kapal peang asing silahkan laporkan, kami sangat berterimakasih atas informasi ini, mari kita sama-sama jaga wilayah NKRI terutama laut Natuna Utara ini, sehingga kita akan lebh waspada,” Laksmana Madya TNI Muhamda Ali saat menghadiri temu ramah dan jamuan makan malam yang digelar Pemkab Natuna di rumah makan Sisi Basisir Ranai, Rabu (22/09).

Serelah memantau melaui udara Pangkogabwilhan I mengatakan bahwa keadaan Laut Natuna Utara dalam kondisi aman tanpa ada hal yang dikhawatirkan.

“Yang terpenting kapal perang Cina di Perairan Natuna Utara itu tidak boleh mengambil segala sesuatu yang ada di laut kita atau mengeksploitasi serta mengeksplorasinya,” ujar Pangkogabwilhan I.

Bupati Natuna Wan Siswandisangat mengapresiasi perhatian Pangkogabwilhan terhadap keluhan nelayan Natuna,  langkah sigap pengamanan yang dilakukan TNI setelahmenerima laporan para nelayan natuan sunguh mebuktikan bahwa jajatran TNI siap dan sigap dalam menjaga perairan dan kedaulatan NKRI khususnya di wilayah Laut Natuna Utara.

“Kami sangat berterimakasih atas perhatian Pangkogabwilhan 1 dalam menyikapi laporan nelayan Natuna, Pemerintah daerah Natuna sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, akan selau mendukung kiprah jajaran TNI dan akan memberikan hal yang terbaik dalam rangka mengamankan laut dan kedaulatan NKRI, khusunya di laut Natuan Utara,” kata Wan Siswandi.

Tampak hadir dalam acara ini  Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Sekda Natuna Boy Wijanarko, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar, Segenap FKPD Natuna, Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, dan tokmas serta undangan lainnya

Temu ramah ini dilaksanakan setelah Pangkogabwilhan 1 dan jajaran  melaksanakan beberapa agenda kunjunga kerja,  berupa  pengecekan kesiapan TNI di beberapa markas komando baik di TNI AD, AU maupun  AL. (red)

Sumber: https://koranrakyat.co.id/2021/09/22/di-depan-bupati-natunapangkogabwilhan-1-jamin-laut-natuna-utara-aman-untuk-aktifitas-nelayan-natuna/

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Sekolah Sudah Tatap Muka Presiden RI Himbau Kontrol Lapangan Tetap Dijalankan.

(wartaKominfo) – Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak dan Ibu Bupati ...