Home / Natuna News / Launching Sistem Keuangan Desa Online Se-Kabupaten Natuna

Launching Sistem Keuangan Desa Online Se-Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus melaksanakan akselarasi dalam mendukung akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dengan mengembangkan aplikasi tata kelola keuangan desa melalui Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

Berkenaan dengan hal tersebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa membuka pembekalan bagi operator perencanaan dan penatausahaan keuangan desa berbasis Siskeudes online Se-kabupaten Natuna pada Kamis, 20 Juli 2023 bertempat di tren central Hotel, Bunguran Timur.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban. Siskeudes dibuat oleh BPKP untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa.

Anrizal Zen Kepala Dinas PMD dalam laporan panitia acara menyampaikan dasar hukum maupun layar belakang kegiatan ini adalah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 yang menjelaskan bahwa tujuan pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa. Anrizal juga menjelaskan tujuan dari kegiatan ini salah satunya agar sekretaris desa maupun bendahara paham dan bersungguh-sungguh dalam memahami sistem keuangan desa berbasis online ini.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko mewakili Bupati Natuna menyampaikan dalam hal pelaporan sekretaris desa menjadi pengaman dalam mengeluarkan produk hukum serta kebijakan lainnya dan harus sangat berhati-hati.

“Harapannya sekretaris desa dan bendahara mempunyai peran penting dalam mengingatkan Kepala Desa dan juga harus melek IT/Aplikasi,” pesan Boy.

Tampak hadir pejabat struktural dan fungsional Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sekretaris Desa serta bendahara Se-kabupaten Natuna.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Wakil Bupati Natuna Jemput Langsung 8 Nelayan Natuna di KJRI Kuching

(wartaKominfo) – Usai diamankan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) pada 19 April ...