Home / Natuna News / Diwakili Oleh Asisten I, Bupati Natuna Secara Resmi Buka Kegiatan Pelatihan Psychological First Aid

Diwakili Oleh Asisten I, Bupati Natuna Secara Resmi Buka Kegiatan Pelatihan Psychological First Aid

(WartaKominfo) – Senin (20/11), Pelatihan Psychological First Aid yang dihelat oleh DP3AP2KB di Gedung Srindit, Ranai telah dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna yang diwakili oleh Asisten I Bupati Natuna yaitu Khaidir, S.E.

Pelatihan ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat, dimulai dari OPD, tokoh masyarakat, guru, dll.

Peserta dari pelatihan psikologi pertama terdiri dari perwakilan bidang PPA, UPTD PPA, UNIT PPA POLRES, PATBM, PUSPA DAN SATGAS DESA BEBAS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi para ibu dan bapak mengenai bagaimana memberikan pertolongan psikologi pertama pada korban kekerasan, baik itu perempuan ataupun anak-anak.

Disampaikan oleh kepala Dinas DP3AP2KB, Sri Riawati, S.P.,M.Si, mengatakan,

“Pertolongan psikologi pertama yang harus didapatkan oleh korban yaitu pengendalian rasa cemas dan takut”

Untuk itu pelatihan ini berupaya memberikan pemulihan terhadap korban kekerasan yang akan mendapatkan layanan medis, psikologis, bantuan hukum, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini merupakan salah satu strategi bagaimana meningkatkan pelayanan terhadap korban perempuan dan anak sehingga mereka merasa aman, nyaman serta memiliki harapan.

Asisten I Bupati Natuna, Khaidir, S.E, menyampaikan,

“Saya berharap peserta yang hadir mampu membantu menstabilisasi kecemasan dan emosi pengelolaan diri yang sehat, dapat memberi rasa aman, menenangkan dan menumbuhkan harapan bagi perempuan dan anak sehingga dapat memberikan pelayanan kepada korban kekerasan dan diskriminasi secara komprehensif”

Beliau juga menambahkan, jika persoalan ini lebih baik juga disampaikan pada saat khotbah Jum’at, karena mayoritas pelaku kekerasan dalam rumah tangga adalah para pria.

Pengetahuan mengenai pertolongan psikologi pertama untuk para korban kekerasan memanglah sangat penting karena berhubungan dengan jiwa, korban kekerasan yang tidak mendapatkan pertolongan yang baik dapat mengalami gangguan dalam jiwa mereka, yang membuat mereka tidak lagi dapat merasa tenang dan stabil.

Diskominfo/ira

x

Check Also

Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Dan Pengawasan Perizinan Online

(wartaKominfo) – Salah satu langkah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Natuna dalam meningkatkan ...