web site hit counter
Home / Natuna News / Ikut Bursa Inovasi Desa, Kades Serantas Pilih 4 Ide Inovasi

Ikut Bursa Inovasi Desa, Kades Serantas Pilih 4 Ide Inovasi

Tgl Rilis: Kamis, 27 September 2018 | 04:17

(WartaKominfo) – Melalui Bursa Inovasi Desa,  diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada juga menjadi harapan Aparatur Pemerintah Desa Serantas, Kecamatan Pulau Tiga yang hadir pada kegiatan Bursa Inovasi Desa. Dalam hal ini Kepala Desa Serantas, Zakaria, dan Ketua BPD Serantas, Mhd Nazari.

Beberapa Ide Inovasi yang disajikan diantaranya, Bidang Insfrastuktur  terdiri dari 12 menu, Bidang Kewirausahaan yang terdiri dari 29 menu, dan Bidang Sumber Daya terdiri dari 21 pilihan menu inovasi yang ditawarkan kepada masing-masing Desa.

Dari beberapa menu tersebut, Kades dan BPD Desa Serantas sepakat memilih diantaranya, Seleksi Dini Stunting dan Pemberian Makanan Sehat Anak Paud Untuk Mencegah Stunting pada Bidang Sumber Daya Manusia. Selanjutnya, Menjamin Kesehatan Masyarakat Dengan Kartu Desa Sehat pada Bidang Kewirausahaan, dan Konservasi Biota Laut Melalui Pengembangan Desa Wisata pada Bidang Infrastruktur Desa.

Menurut Zakaria, menu yang dipilih tersebut telah disesuaikan dengan potensi daerahnya dan juga tantangan atau masalah yang ada pada Desa Serantas.

“Menu inovasi tersebut kami pilih sesuai demgam keadaan Desa kami. Baik keadaan potensi Desa yang harus dikembangkan, maupun hal-hal yang menjadi masalah atau tantangan di Desa kami”, ucap Zakaria saat diwawancarai WartaKominfo.

“Di Desa kami, terdapat 6 orang anak yang mengidap Stunting, oleh karena itu kami pilih menu tersebut dan yang lainnya sesuai keadaan yg ada di Desa.” , tambahnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Zakaria, Mhd Nazari juga menerangkan beberapa inovasi yang dipilih tersebut yang kelak mampu dilaksanakan di Desa Serantai, sesuai masalah, potensi dan Dana yang ada nantinya.

“Memang yang menjadi kelemahan Desa kami adalah kurangnya sumber daya manusia yang handal dalam menjalankan inovasi atau yang mendukung inovasi untuk kesejahteraan masyarakat. Beberapa Inovasi ini mudah-mudahan mampu terlaksana semampu kami .” kata Mhd Nazari.

Galeri Kegiatan Bursa Inovasi Desa

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wan Siswandi Pimpin Rapat Focus Group Diskussion (FGD)

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos. M.Si., gelar Rapat Focus Group ...