web site hit counter
Home / Natuna News / Natuna Merupakan Kabupaten Pertama di Provinsi Kepulauan Riau Yang Melaksanakan Kegiatan BID

Natuna Merupakan Kabupaten Pertama di Provinsi Kepulauan Riau Yang Melaksanakan Kegiatan BID

Tgl Rilis: Kamis, 27 September 2018 | 04:21

(WartaKominfo) – Untuk mendorong peningkatan pemanfaatan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien dengan memberikan contoh inovasi pada proses perencanaan pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna menyelenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa di Gedung Sri Serindit Ranai Kabupaten Natuna, Rabu (26/09).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Desa, Perwakilan BPD dan Perwakilan Tokoh Masyarakat masing-masing Desa di 70 Desa se Kabupaten Natuna dengan jumlah 210 orang, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TpiDTPID) dari 15 Kecamatan dengan jumlah 30 orang dan Pendamping Desa Pemberdayaan dari 15 Kecamatan dengan jumlah 30 orang.

Dalam Laporan Pelaksana Kegiatan, Kadis DPMD Kabupaten Natuna Indra Joni,S.Sos, menyampaikan bahwa dilaksanakannya Bursa Inovasi Desa itu bermaksud untuk merevitalisasi pengetahuan dan ajang pertukaran informasi dan pengalaman antar Desa. Dengan memanfaatkan pertukaran pengalaman dari satu Desa ke Desa lain melalui forum BID, dapat menumbuhkan semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan Desa.

Ia juga menyampaikan  bahwa Natuna merupakan Kabupaten yang pertama melaksanakan Bursa Inovasi Desa di Provinsi Kepulauan Riau.

“ Alhamdulillah Kabupaten Natuna melalui kerjasama antar Tim Inovasi Kabupaten dan Tim Pelaksana Inovasi Desa melaksanakan Bursa Inovasi Desa yang merupakan pertama di Provinsi Kepulauan Riau”, ujar Indra Joni.

Besarnya anggaran Dana Desa memberi peluang kepada Kepala Desa untuk melakukan pembangunan di berbagai bidang seperti peningkatan pembangunan infrastruktur dasar, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan.

Dengan besarnya Dana Desa tersebut, tentunya setiap kepala desa harus mempunyai pola pikir yang membangun yang mandiri kedepannya. Pemerintah Desa tidak harus bergantung pada anggaran Dana Desa  selamanya dan mulai memanfaatkan Dana Desa  untuk beinovasi, menggali potensi-potensi Desa sehingga menghasilkan PAD Bagi desa itu sendiri.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...