web site hit counter
Home / Natuna News / Jelang Evaluasi Pelaksanaan GERMAS, BP3D Harapkan Semua Program Kegiatan Pendukung Sudah Disampaikan

Jelang Evaluasi Pelaksanaan GERMAS, BP3D Harapkan Semua Program Kegiatan Pendukung Sudah Disampaikan

Tgl Rilis: Rabu, 12 Desember 2018 | 03:36

(WartaKominfo) – Menghadapi tantangan besar masalah kesehatan masyarakat, Pemerintah Republik Indonesia telah berkomitmen untuk menjalankan sebuah program yang dinamakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), yang merupakan gerakan Nasional yang diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia untuk dijalankan di setiap daerah di Indonesia.

Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017, gerakan ini telah melibatkan 15 Menteri, BPOM, BPJS Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk saling bersinergi dalam upaya meningkatkan roduktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Tetkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Natuna saat ini juga akan mempersiapkan berbagai program kegiatan untuk menunjang terlaksananya GERMAS tersebut. Hal itu tampak pada Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna, Selasa (11/12).

Rapat tersebut guna persiapan menjelang pelaksanaan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Natuna tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 nanti.

Kabid Sosial Budaya BP3D Kabupaten Natuna Sri Riawati, SP., M.Si yang juga sebagai pemimpin Rapat menyampaikan, masih ada beberapa OPD yang belum menyampaikan Program Kegiatannya yang terkait pelaksanaan GERMAS ini. Ia berharap semua Program Kegiatan sudah seluruhnya disampaikan kepada BP3D sebelum pelaksanaan kegiatan evaluasi tesebut.

“Untuk OPD terkait yang mempunyai program kegiatan pendukung pelaksanaan Germas agar dapat segera menyampaikan programnya ke kita. Ada beberapa OPD yang belum menyampaikan programnya  terkait dengan Germas ini”, ujar Ria.

Untuk menyukseskan GERMAS, Pemerintah Kabupaten Natuna juga telah melibatkan berbagai pihak, baik itu OPD maupun lintas sektor. Tidak tanggung-tanggung, hampir seluruh OPD Kabupaten Natuna terlibat dalam pelaksanaan GERMAS. Selain itu, Pemerintah Desa juga diharapkan dapat memberikan dukungannya terhadap pelaksanaan Gerakan Masyarakat tetsebut dimana akan merubah cara hidup masyarakat menuju hidup sehat dan lebih baik.

Hadir dalam rapat tersebut perwakilan dari beberapa OPD Kabupaten Natuna, BPJS Kesehatan dan para Tenaga Ahli Pendamping Desa.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wan Siswandi Pimpin Rapat Focus Group Diskussion (FGD)

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos. M.Si., gelar Rapat Focus Group ...