web site hit counter
Home / Natuna News / Kegiatan Nelayan Tak Terganggu Corona

Kegiatan Nelayan Tak Terganggu Corona

Tgl Rilis: Wednesday, 1 April 2020 | 16:29

(WartaKominfo) – Meski wabah corona sedang melanda dunia, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin memastikan komuditas perikanan di Natuna masih aman dan lancar karena kegiatan nelayan masih tetap berjalan sebagaimana biasanya.

Oleh karena kegiatan nelayan kita tidak berpotensi pada keterjangkitan dan penularan virus corona, maka nelayan kita masih tetap melaut,” kata Zakimin di tempat kerjanya, Rabu (01/3) via telepon.

Ia menjelaskaan bahwa kegiatan nelayan tidak melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh WHO dan Pemerintah. Karena, kegiatan mereka tidak berpotensi mengakibatkan penularan.

Nelayan kita kan tidak bergerombol dan paling dalam satu kapal itu cuma dua atau tiga orang. Kegiatan mereka bersifat soliter sehingga penularan itu akan jadi tidak mungkin terjadi, maka mereka dibiarkan terus melaut dan bahkan dianjurkan,” terang Zaki.

Meskipun demikian, ia mengaku pemerintah tetap memberikan himbauan kepada para nelayan mengenai aturan – aturan kesehatan yang telah diterapkan oleh WHO seperti menjaga kebersihan, jaga jarak dan lain sebagainya.

“Cuma mungkin pada tahapan distribusi hasil tangkapnya di pelabuhan maupun di pasar terdapat potensi panularan, maka mereka tetap diingatkan juga. Kami sudah menyampaikan peringatan itu melalu camat-camat,” ungkapnya.

Mengenai dampak distribusi yang berkemungkinan memburuk akibat wabah, Zakimin mengaku akan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait sehingga hasil tangkapan nelayan dapat tetap terdistribusikan dengan baik.

“Mungkin ke depan ada terjadi dampak terhadap distribusi. Cuma oleh karena kami tidak ada kewenangan dibidang itu, maka kami akan koordinasi dengan instansi terkait agar hasil tangkap ini bisa ditampung atau didistribusikan. Tapi sampai sejauh ini belum ada hasil tangkapan nelayan yang tidak terdistribusikan, masih cukup aman,” tegasnya mengakhiri.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Kunker Ke Natuna, Pjs Gubernur Kepri Gelar Rakor Persiapan Pilkada Natuna 2020

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menyambut hangat kedatangan Pjs Gubernur Provinsi ...