Login Email Natunakab
Home / Natuna News / Kepri Berhasil Bentuk Herd Immunity, Gubernur Ansar Pastikan Siap Terima Wisatawan local dan Mancanegara.

Kepri Berhasil Bentuk Herd Immunity, Gubernur Ansar Pastikan Siap Terima Wisatawan local dan Mancanegara.

(wartaKominfo) – Berdasarkan survei serology yang dilakukan oleh dr Ibrahim Mpd Ked MSc SpKKLP, Dekan Fakultas Kedokteran UNIBA yang juga merupakan Ahli Epidemologi, menunjukan bahwa kekebalan tubuh kelompok masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau telah mencapai herd immunity. Berdasarkan penelitiannya, hasil pemeriksaan titer antibodi total masyarakat Kepri mencapai 89,6 persen. Hasil ini cukup tinggi dan menempatkan wilayah Kepulauan Riau sebagai daerah yang aman berwisata dengan catatan.

Dalam konfrensi persnya Gubernur Ansar, menyampaikan keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama dan kerja keras Pemerintah Provinsi Kepri bersama FKPD dan stakeholder lainnya yang secara kompak, fokus dan terus-menerus melakukan aksi vaksinasi massal untuk berbagai tingkatan umur, dan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota se-Kepri.

“Alhamdulillah hasil survei serology kita menunjukkan hasil yang baik, bahkan sangat baik. Herd immunity Masyarakat Kepri sudah terbentuk dengan nilai 89,6 persen. Secara nasional angka minimal satu daerah dinyatakan baik herd immunity-nya jika mencapai angka minimal 70 persen, namun kita telah mencapai angka 89,6 persen, hampir 90 persen,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur ansar sangat mengapresiasi capaian hasil survei serology ini, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad didampingi Staf Khusus Gubernur Sarafuddin Aluan dan Kepala Diskominfo Kepri Hasan, S.Sos langsung menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menyampaikan hasil survei dimaksud. Tidak hanya kepada Mendagri, namun juga kepada Kementerian Kesehatan RI.

“Berdasarkan hasil survei ini, kini Kepri dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19. Namun demikian, kita tetap dianjurkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan vaksinasi terhadap sasaran vaksin yang belum tersentuh. Berdasarkan hasil survei serology tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri juga sudah boleh membuka diri untuk menerima tamu dari manapun, dan tidak perlu takut, selama aturan protokol kesehatan tetap di patuhi” tambah Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menekankan survei serology sender bertujuan untuk melihat gambaran kekebalan tubuh kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021. Jumlah sampel 502, terdiri dari kelompok umur < 18 tahun, 18-59 tahun dan > 60 tahun dengan status vaksin Covid-19 secara proporsional sesuai dengan populasi dan pencapaian vaksin di setiap kabupaten/ kota. Sampel berupa spesimen darah dan periksa kadar antibodi dengan pemeriksaan titer antibodi total kuantitatif.

“Berdasarkan hasil survei menunjukkan 89,6 persen reaktif atau dinyatakan sudah terbentuk antibodi. Sementara hanya 10,4 persen dinyatakan non reaktif atau dinyatakan tidak memiliki antibodi. Hasil reaktif didapatkan 70.5 persen titer antibodi 136 U/ml atau setara dengan standar minimal kadar antibodi plasma darah yang digunakan untuk terapi plasma konvalesen terhadap Covid-19 dan 19,1 persen kadarnya di bawah angka tersebut. Kekebalan tubuh kelompok masyarakat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 telah mencapai target herd immunity” tutup Gubernur Ansar.

Pemerintah Provinsi Kepri akan terus bersinergi untuk mengoptimalkan cakupan vaksinasi Covid-19, tetap menjaga kepatuhan protokol kesehatan dan meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan vaksin Covid-19.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Rodhial Huda : Puspaga menjadi wadah edukasi bagi orang tua dalam mengasuh anak.

(wartaKominfo) – Keluarga sebagai komunitas terkecil dari masyarakat, memiliki peranan penting paling ...