Home / Natuna News / Launching Vaksinasi Booster Serentak, Pemda Natuna Himbau Masyarakat Segera Vaksin

Launching Vaksinasi Booster Serentak, Pemda Natuna Himbau Masyarakat Segera Vaksin

(wartaKominfo) – Sesuai instruksi Presiden Jokowi, Pemerintah telah memulai program vaksinasi booster (dosis ke-3) yang diberikan secara gratis bagi masyarakat umum berusia diatas 18 tahun dengan prioritas lansia.

Kamis, (03/01/22) bertempat di Gedung Wanita, Pemerintah Kabupaten Natuna bersama TNI-POLRI melakukan pencanangan vaksinasi dosis ke -3 (Booster) setalah dilaunching oleh Gubernur Kepulauan Riau serentak se Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan terimakasih kepada Mendagri dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksin demi memperkuat antibodi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Mendagri yang telah melaunching vaksin booster untuk Kepulauan Riau khususnya. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah vaksin kedua yang sudah lebih dari 6 bulan, agar mengikuti vaksin booster ini untuk memperkuat antibodi kita. Karena kemungkinan antibodi kita akan melemah, maka akan diperkuat dengan booster supaya ketahanan tubuh kita menghadapi pandemi semakin kuat” kata Rodhial kepada pewartaKominfo.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah. Ia menjelaskan bahwa target vaksin booster pada hari ini adalah 300 orang , dan target keseluruhan adalah 52.000 jiwa.

“Hari ini kita sedang melakukan launching vaksinasi booster dengan sasaran lansia dan umur 18 ke atas, target kita untuk hari ini sebenarnya sekitar 300 orang, mudah mudahan tercapai. Sedangkan target secara keseluruhan di Kabupaten Natuna dari Provinsi itu sekitar 52.000 jiwa” jelas nya.

Selanjutnya, Hikmat juga mengatakan bahwa vaksinasi booster ini harus dilakukan, sesuai dengan hasil penelitian oleh WHO bahwasanya antibodi kita harus ditingkatkan setelah vaksin dosis lengkap.

“Kenapa kita perlu melakukan booster? Karena menurut penelitian dari WHO, bahwa setelah diberikan dua kali vaksin atau dosis lengkap ternyata antibodi kita itu menurun, sehingga untuk meningkatkan kembali antibodi kita maka perlu dilakukan dosis ketiga atau booster. Vaksin booster dilakukan dengan 3 jenis vaksin . Jika dosis pertama dan kedua Sinovac, maka yang diberikan adalah Pfizer atau Astrazanekca untuk boosternya. Sedangkan jika pada dosis pertama dan kedua mereka Astrazaneca, maka dosis ketiga diberikan moderna.” Terang nya.

Kemudian Hikmat juga menghimbau masyarakat Natuna untuk melakukan vaksin, baik itu vaksin booster, vaksin kedua atau bahkan yang belum vaksin sama sekali. Karena menurutnya, vaksin adalah salah satu upaya untuk mencegah covid-19.

“Kepada masyarakat Natuna yang sudah mendapat vaksin dosis lengkap , segera dilakukan booster. Sementara yang baru 1 kali vaksin agar melengkapi dosis kedua dan 3. Demikian pula yang belum vaksin sama sekali, kami menghimbau agar segera vaksin karena memang salah satu upaya untuk mencegah covid dari dalam tubuh kita adalah dengan meningkatkan atnibodi dengan cara pemberian vaksinasi” jelas Hikmat, mengakhiri.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Genap Satu Tahun Masa Jabatan, Bupati Natuna Gelar Rapat Evaluasi Bersama Perangkat Daerah.

(wartaKominfo) – Senin 23 Mei 2022, Bupati Natuna gelar rapat koordinasi sekaligus ...