web site hit counter
Home / Natuna News / Melalui Momen Hari Ibu ke 91, Bupati Natuna Ajak Perempuan Turut Berperan Bangun Daerah

Melalui Momen Hari Ibu ke 91, Bupati Natuna Ajak Perempuan Turut Berperan Bangun Daerah

Tgl Rilis: Monday, 23 December 2019 | 08:49

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 91 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) menggelar kegiatan Seminar Membangun Generasi Millenial yang Berkarakter, Menuju Natuna Maju dan Mandiri. Bahwa momentum Hari Ibu ke 91 tahun 2019 ini, harus menjadi pengingat atas peran penting dan keterlibatan kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dimasa penjajahan.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., tersebut, digelar di Rumah Makan Sisi Basisir, Jalan DKW Muhammad Benteng, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada  Kamis (19/12) pagi.

Dalam sambutannya Hamid Rizal menceritakan, bahwa momentum Hari Ibu ke 91 tahun 2019 ini, harus menjadi pengingat atas peran penting dan keterlibatan kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dimasa penjajahan. Hal itu dapat dibuktikan melalui Kongres pertama Perempuan pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta, yang mengkukuhkan semangat untuk ikut mendorong kemerdekaan bangsa Indonesia.

Bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Ibu ke 91 tahun 2019. Diantaranya melaksanakan Lomba Paduan Suara, Workshop Peran Perempuan dalam Percepatan Pembangunan Daerah, Sosialisasi Penanganan Stunting, Lomba Hafalan Ayat Pendek, Lomba Cipta Menu Olahan Ikan serta Gerak Jalan Keluarga Sehat dan Bahagia.

Sebagai Apresiasi Negara atas gerakan bersejarah itu, maka Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai salah satu Hari Besar Nasional. Penetapan ini disepakati pada Kongres Perempuan Indonesia ke tiga pada tahun 1938 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam perkembangannya, peran perempuan saat ini tidak hanya sebatas untuk mengurus rumah tangga saja, namun jauh daripada itu, perempuan juga memiliki peran yang sangat strategis, dalam mewujudkan pembangunan dan kemajuan disetiap daerah, sesuai fungsinya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PPPA Natuna, Rika Azmi Abdullah, dalam leporannya menyebutkan, bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Ibu ke 91 tahun 2019. Diantaranya melaksanakan Lomba Paduan Suara, Workshop Peran Perempuan dalam Percepatan Pembangunan Daerah, Sosialisasi Penanganan Stunting, Lomba Hafalan Ayat Pendek, Lomba Cipta Menu Olahan Ikan serta Gerak Jalan Keluarga Sehat dan Bahagia. Rika Azmi menambahkan, bahwa kegiatan ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2019, melalui DPA Dinsos PPPA Kabupaten Natuna.

Untuk pesertanya sendiri berasal dari para kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama sejumlah Organisasi Wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Natuna, berjumlah sekitar 120 orang. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik, SE., para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP PKK Kabupaten Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal, serta para pimpinan organisasi perempuan dan wanita diwilayah kerja Kabupaten Natuna. (Humas_Pro/pkl/s4ndy/Eki)

RILIS PERS, Nomor : 1047 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Sampaikan Pidato Ranperda Pertanggung jawaban APBD Tahun 2019

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyampaikan Pidato Pengantar Rancangan Peraturan Daerah tentang ...