web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Menteri Kominfo Ground Breaking Pembangunan BTS USO 2021 di Kabupaten Natuna.

Menteri Kominfo Ground Breaking Pembangunan BTS USO 2021 di Kabupaten Natuna.

Tgl Rilis: Thursday, 22 April 2021 | 19:39

(wartaKominfo) – Percepatan penyebaran informasi dan kemudahan berkomunikasi merupakan proyeksi dari misi pemerintah menuju revolusi teknologi dan informasi yang dikenal dengan Revolusi 4.0. Proses Pencapaian target ini harus didukung dengan terpenuhinya fasilitas infrastruktur telekomunikasi yang memadai. Untuk mendukung infrastruktur dibidang TIK Kementerian Kominfo merencanakan akan dibangun 4.200 BTS USO di kabupaten/kota Seluruh Indonesia.

Kamis, 22 April 2021, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna dalam Rangka Ground Breaking BTS 2021 di desa Kelanga, Natuna, Kepulauan Riau. Dalam sambutannya Jhonny G Plate Menyampaikan “ini adalah kunjungan kerja pertama saya di Natuna, kehadiran saya disini dengan dua tujuan utama, tentunya yang pertama ada ground breaking BTS USO 2021. Kedua adalah dalam kaitan dengan melihat potensi pembangunan pusat data nasional di Batam, Kepulauan Riau. Kunjungan saya menjadi simbol bahwa covid 19 tidak meruntuhkan semangat kita untuk terus melakukan pembangunan dibidang TIK. Justru sebaliknya mendorong kita untuk terus berinovasi ditengah pandemic. Covid 19 harus kita lawan dengan disiplin dasar, dengan penerapan protokol kesehatan, disaat yang bersamaan Pemerintah juga terus melakukan terobosan dengan terus mendorong vaksinasi”.

Dalam prosesnya Kemenkominfo bersama bakti menargetkan pembangunan 4.200 BTS di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Di kabupaten Natuna akan dibangun 17 BTS, Anambas 12 BTS, Bintan 5 BTS, dan Karimun 1 BTS. Kita memahami bahwa masih banyak target titik blankspot yang belum terpenuhi. Kita harap ground breaking adalah langkah awal untuk menjadikan program ini sebagai langkah awal serta berkelanjutan. Saya sangat mengapresiasi sikap responsif Gubernur Kepulauan Riau, yang kemudian pembangunan BTS USO ini dapat dilakukan selang beberapa waktu setelah rapat koordinasi.

Lebih lanjut Jhonny G Plate menjelaskan “Pembangunan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita berharap bauran gagasan pembangunan dapat menjadi solusi tepat guna di era revolusi Industri 4.0. secara khusus saya berharap kita dapat secara cerdas memanfaatkan ruang digital dan tipe dan substansi yang sejalan dengan Undang undang.Tahun 2021 kita menggerakkan gerakan Literasi Digital. Ini penting dilakukan agar manfaat infrastruktur memiliki dampak yang tepat sasaran bagi masyarakat”.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad menyampaikan “kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi kerja keras kominfo untuk mewujudkan Pembangunan BTS USO di daerah blankspot . Kami sebagai pemerintah mendukung penuh dengan program pembangunan ini, dengan mempermudah perizinan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat. Bagaimana infrastruktur yang telah dibangun, dapat berdampak secara maksimal untuk masyarakat sekitar”.

Ansar juga menjelaskan, bahwa Kabupaten Natuna memiliki potensi migas dan bahari yang sangat kaya. Hasil laut Natuna dapat menghasilkan 100 juta ton pertahun, namun hanya 34 % yang baru dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan. Ansar menekankan, potensi akan dapat dimaksimalkan seiring berkembangnya berbagai teknologi. Ansar juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan insfratruktur yang telah dibangun untuk berkembang dan menjadi masyarakat yang lebih maju.

Setelah peletakan batu pertama, Rombongan Kementerian yang didampingi langsung oleh Gubernur Kepri, mengunjungi bazar masyarakat setempat. Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Geopark Nasional Natuna.

(Diskominfo/Patli)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Gubernur Gerak Cepat, Langsung Evaluasi Penerapan PPKM Darurat – Banyak Laporan Tentang Keresahan Masyarakat

Tanjungpinang – Juru Bicara Tim Satgas Penanganan COVID-19 Tjetjep Yudiana mengatakan saat ...