Home / Natuna News / Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Bunguran Batubi Tahun 2024 Untuk Tahun Anggaran 2025

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Bunguran Batubi Tahun 2024 Untuk Tahun Anggaran 2025

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Natuna yang dipimpin langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi beserta Tim Asistensi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kecamatan Bunguran Batubi untuk Tahun Anggaran 2025 dengan mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera” yang bertempat di Gedung Serba guna Desa Gunung Putri Kecamatan Bunguran Batubi (24/01/2024) pagi.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan daerah.

Tujuannya agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi ke dalam proses perencanaan untuk tahun berikutnya yang dilakukan pemerintah setempat. Kegiatan musrenbang umumnya membahas isu strategis yang ada, proses-proses yang telah dijalani pada tahun tersebut, capaian-capaian target dan sasaran dari Pemerintah Kota/Kabupaten setempat.

Dalam sambutan pertama, Camat Bunguran Batubi Mujahidin menyampaikan dan melaporkan bahwa kegiatan Musrenbang tingkat Desa telah dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan usulan-usulan prioritas yang sudah dirangkum oleh Kecamatan Bunguran Batubi.

“Kegiatan musrembang tingkat desa di wilayah Kecamatan Batubi telah dilaksanakan dan menghasilkan banyak usulan rencana pembangunan dan telah kami susun skala prioritas seperti Infrastruktur fisik seperti jalan-jalan antar desa dan kecamatan yang kondisinya kurang baik serta terkait komunikasi dan informasi yang tidak ada akses internet seperti di wilayah Semedang dan diiringi kebutuhan pembangunan ekonomi yang insyaallah semoga bisa direalisasikan secepatnya oleh Pemda Natuna,” jelas Camat Bunguran Batubi, Mujahidin.

Selanjutnya Dalam sambutan Bupati Natuna, beliau menyampaikan dan berharap untuk nanti Musrembang Tahun Anggaran 2025 untuk juga berfokus ke Pembangunan Ekonomi.

“Untuk Kecamatan Bunguran Batubi, untuk program-program 2024 sekarang ini sudah ada yang kita jalankan seperti perbaikan jalan dan sarana infrastruktur yang ada. Kita tidak mengesampingkan masalah fisik seperti pembangunan infrastruktur tetapi untuk nanti 2025 saya berharap tolong direncanakan juga pembangunan ekonomi seperti nanti penguatan pertanian dengan pengadaan pupuk dan pengadaan sapi agar ketahanan pangan kita Natuna ini semakin baik dan bisa menyejahterakan khususnya masyarakat Natuna dan umumnya wilayah Kepulauan Riau,” ungkap Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan sederhana bagi pelaku industri rumahan di Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Percontohan Desa Semedang Kecamatan Batubi oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Desa ramah perempuan dan peduli anak adalah desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana. Oleh sebab itu pada tahun 2022 Desa Semedang ditunjuk sebagai desa percontohan desa ramah perempuan dan peduli anak dengan mempertimbangkan bahwa desa tersebut telah memasukkan isu perempuan dan anak ke dalam RPJMDES.

Dalam mewujudkan indikator desa ramah perempuan dan peduli anak tersebut maka melalui kegiatan strategis yaitu penurunan angka kemiskinan, Bupati Natuna melalui Anggaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan kegiatan Pemberdayaan Perempuan Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi melakukan pemberdayaan perempuan dengan memberikan pendampingan pelatihan dan bantuan alat sederhana yang sasarannya adalah industri rumahan yang dikelola perempuan dari keluarga yang kurang mampu berjumlah 10 orang. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Natuna.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembahasan Rencana Pembangunan Kecamatan Bunguran Batubi. Berikut beberapa usulan prioritas yang diusulkan Kecamatan Bunguran Batubi di antaranya adalah:
1. Pembangunan beberapa ruas jalan beserta penerangan jalan.
2. Pembangunan gedung serba guna.
3. Pembangunan tempat budidaya Kepiting Bakau.
4. Pengadaan kapal 2GT dan pendukung alat tangkap nelayan seperti GPS dan Radar.
5. Pembangunan Sarana Prasarana Olahraga.
6. Pengadaan mobil Puskesmas Pembantu beserta alat-alat kesehatan.
7. Pembangunan infrastruktur Wisata Mangrove.
8. Pembangunan tower jaringan seluler dan pengadaan jaringan internet.
9. Program penanganan dan pencegahan Stunting Kecamatan Bunguran Batubi yang lebih progresif.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Wagub Kepri Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Ke XI

(wartaKominfo) – Bertempat di halaman Masjid Agung Natuna sekaligus Islamic Center, Wakil ...