Home / Natuna News / Panwaslu Natuna Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Panwaslu Natuna Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

(wartaKominfo) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Natuna melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) di Gedung PKK Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna. Sabtu,  (02/06/2018)

Sosialisasi tersebut diselenggarakan pihak Panwaslu dalam rangka pengawasan untuk pelanggaran pemilu DPR,  DPD,  DPRD,  dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bunguran Timur Laut,  H. Ahmad,  Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Natuna,  Muhtar Achmad,  Anggota Panwaslu Kabupaten Natuna Divisi Hukum,  Ayanef Yulius,  Ketua Panwaslu Bunguran Timur Laut,  Iven Yanto, serta peserta sosialisasi lainnya.

Anggota Panwaslu Divisi Hukum,  Ayanef Yulius mengatakan,  sosialisasi pengawasan Pemilu penting dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu.

“Supaya bisa meningkatkan partisipasi  masyarakat dan supaya sekecil mungkin tidak terjadi pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu”, kata Ayanef.

Ayanef juga menjelaskan, pelanggaran dalam Pemilu ada dua yaitu berdasarkan temuan dan berdasarkan laporan.

Sedangkan beberapa kerawanan dalam Pemilu adalah penetapan data,  persyaratan calon yang tidak lengkap,  permasalahan internal partai politik, penghitungan suara,  dan adanya penyalahgunaan alat kampanye.

Seperti yang disampaikan oleh Muhtar Achmad selaku narasumber pada kegiatan tersebut. Pemerintah Daerah dan Panwaslu selalu bersinergi dalam menyongsong pesta demokrasi tersebut agar berjalan tertib,  jujur dan adil.

“Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat. Pemda akan membantu panwaslu dalam pesta rakyat ini. Selalu bersinergi agar tercipta Pemilu yang jujur dan adil” , jelas Muhtar Achmad.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 73

(WartaKominfo) – Permerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati ...