web site hit counter
Home / Natuna News / Pembukaan Pelatihan Budidaya Padi Metode SRI (Sistem Rice Of Intensification)

Pembukaan Pelatihan Budidaya Padi Metode SRI (Sistem Rice Of Intensification)

Tgl Rilis: Jumat, 21 Desember 2012 | 21:36

Kabupaten Natuna termasuk wilayah yang memiliki tanah yang tergolong subur untuk lahan pertanian padi. Namun sampai saat ini hasil panen yang didapat belum memuaskan dan hanya dikonsumsi untuk kalangan sendiri.

Hal ini dikarenakan system pengelolaannya masih bergaya konfensional, yaitu dengan menggunakan pestisida dan bahan – bahan yang mengandung zat kimia dan dikhawatirkan dapat memberikan pengaruh negative bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Budidaya padi dengan metode Sistem Rice Of Intensification (SRI) organic merupakan salah satu inovasi bidang pertanian yang patut dikembangkan karena pada proses pengelolanya menggunakan zat-zat alami yang tidak akan memberikan dampak negative bagi kesehatan dan lingkungan sekitar dan patut dicoba karena telah memberikan peningkatan hasil panen para petani dibeberapa wilayah.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs.H.Ilyas Sabli,M.Si dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Acara Pelatihan Budidaya Padi Metode SRI Organic, di Aula Gedung Serba Guna Natuna Gerbang Utaraku, selasa (11/12) pagi.

Dikatakan pula jumlah petani padi di Natuna masih tergolong sedikit dengan hasil panen yang terbatas pula, untuk itu, melalui momen kegiatan kali ini diharapkan kepada kelompok petani padi untuk dapat mengembangkan system pertanian ini, dengan harapan dapat meningkatkan hasil panen padi dimasa depan. Selain dari itu beliau juga menyarankan agar masyarakat Natuna mengkonsumsi beras organic karena sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, H. Darmansyah, SH, MH juga menyampaikan bahwa metode SRI Organik ini sangat hemat sekali, jika bibit yang digunakan hanya 5 Kg bisa menghasilkan panen 1 hektar 9 sampai dengan 10 ton.

Selain itu metode diatas dapat pula diterapkan pada hasil pertanian lain, misalnya buah – buahan dan sayuran.

Peliput: Staf Bagian Humas/Endang

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Jajaki Kerjasama dengan Dubes Singapura

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, kembali melakukan penjajakan kerjasama ...