Home / Natuna News / Pencanangan Kampung KB Desa Belakang Gunung, Wabup Natuna Harapkan Sinergi Lintas OPD

Pencanangan Kampung KB Desa Belakang Gunung, Wabup Natuna Harapkan Sinergi Lintas OPD

Kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis dalam program Kependudukan Keluarga berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi.

Oleh karenanya program ini  harus dikelola serta diselenggarakan secara terpadu dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat Dusun/Desa untuk mewujudkan keluarga berkualitas.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutannya ketika meresmikan Pencanangan Kampung KB Desa Belakang Gungung, bertempat di Halaman Kantor Desa Belakang Gunung Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna Tahun 2018, senin (1/10) pagi.

Hadir pada acara tersebut Camat Unsur danUspika Kecamatan, Kepala Desa se-Kecamatan Bunguran Utara serta tokoh masyarakat setempat.

Ngesti menerangkan bahwa, mengingat konsep yang diterapkan dalam program ini adalah memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, infrastruktur dan lain sebagainya, seluruh instansi terkait hendaknya saling bersinergi, terutama dalam menyusun program kerja, baik pembenahan infrastruktur upaya peningkatan kesejahteraan, pelayanan prima maupun peningkatan sumberdaya manusia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hikmat Aliansyah menjelaskan bahwa melalui Kampung KB, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi dan mengaktifkan berbagai kelompok kegiatan, misalnya Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Melalui konsep program ini, upaya pengendalian penduduk, peningkatan kualitas pelayanan yang akan berdampak pula pada peningkatan mutu SDM ditingkat desa/dusun.

(Humas_Pro/ Arf/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Ambil Langkah Stabilkan Potensi Perikanan Untuk Dongkrak Sektor Industri Rumahan

Kondisi harga ikan dipasaran saat ini bersifat tidak menentu, tergantung cuaca dan ...