Home / Natuna News / Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi.

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi.

(wartaKominfo) – Berdasarkan pantauan wartaKominfo melalui Live Streaming di Chanel Youtube Biro Pers Media Informasi Sekretariat Presiden RI, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI dimulai sekitar pukul 09.10 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak selaku inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (17/8/2021).

Upacara ini digelar secara luring dan daring. Ada yang menghadiri secara luring di Istana Negara dan masyarakat yang menyaksikannya dari medium platform digital seperti chanel Youtube.

Dalam kesempatan kali ini Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat khas dari Provinsi Lampung, Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat nasional dengan kain songket. Kemudian, keduanya juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat sewaktu tiba di lokasi upacara.

Dilansir dari laman okezone.com pada peringatan detik-detik proklamasi anggota Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan hari ini antara lain: Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977, ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Dentuman meriam sebanyak 17 kali dan bunyi sirine selama 1 menit menandai dimulainya upacara Detik Detik Proklamasi. Seusai dentuman meriam dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Pada pembacaan tersebut ditampilkan naskah asli teks proklamasi.

Peringatan upacara kemerdekaan pada kali ini, diwarnai juga oleh penampilan dari pelaku seni yang menyanyikan berbagai lagu kebangsaan. Dan juga menampilkan tarian-tarian khas dari berbagai daerah di dalam negeri.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Bupati Natuna dan Ketua PKK Natuna Lantik Ketua TP. PKK Kecamatan Bunguran Timur Laut .

(wartaKominfo) – Kamis 30 Juni 2022, Ketua PKK Kabupaten Natuna Secara Resmi ...