web site hit counter
Home / Natuna News / Rapat Daring Bersama Dirut BAKTI, Gubernur KEPRI Siap Pantau Langsung Pembangunan 35 titik BTS

Rapat Daring Bersama Dirut BAKTI, Gubernur KEPRI Siap Pantau Langsung Pembangunan 35 titik BTS

Tgl Rilis: Friday, 2 April 2021 | 09:42

(wartaKominfo) – Percepatan penyebaran informasi dan kemudahan berkomunikasi merupakan proyeksi dari misi pemerintah menuju revolusi teknologi dan informasi yang dikenal dengan R 4.0. Proses Pencapaian target ini harus didukung dengan terpenuhinya fasilitas infrastruktur telekomunikasi yang memadai.

Kamis, 21 April 2021 Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama direktur/CEO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi Anang Latif, menggelar rapat secara virtual membahas rencana pembangunan 35 titik BTS di Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau. Base Transceiver Station (BTS) suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator. Di era globalisasi ini, ketersediaan BTS untuk mempermudah dan mempercepat komunikasi sangat dibutuhkan hingga ke pelosok daerah. Sehingga hal ini dirasa penting  oleh Gubernur dan meminta agar hal ini bisa disegerakan proses realisasinya.

Dalam rapat tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan “Dua hari lalu saya rapat bersama pak Menteri, beliau minta komitmen daerah untuk mempermudah kelancaran pembangunan, baik berupa penyediaan lahan dan perizinannya. Terutama di daerah yang akan dibangun BTS tersebut. Saya juga berharap target selesai pembangunan 35 BTS di tahun  2021 hingga 2022 tercapai sesuai rencana. Saya juga mengingatkan, masalah lahan dan perizinan untuk pembangunan BTS agar dikomunikasi kan dengan Kadiskominfo dari masing-masing kabupaten dan kota. Namun jika di lapangan ada hambatan, saya berjanji akan ikut turun langsung”

Rencana akan dibangun 35 titik BTS di Kepri, masing-masing 17 titik di Natuna, 5 titik Bintan, 1 titik di Karimun dan 12 titik di Anambas. Disamping pembangunan BTS berjumlah 35 titik yang akan dilakukan oleh BAKTI, juga ada rencana pembangunan sebanyak 41 titik yang melalui jalur komersil operator seluler. Namun belum ditentukan operator seluler mana yang akan ditunjuk. Adapun jalur komersil ini berjumlah 41 titik yang masing-masing  1 di Bintan, 1 di Karimun, 1 di  Batam, 28 di Lingga dan 10 di Natuna.

Raja Darmika Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna yang hadir secara virtual dalam acara tersebut menyampaikan secara langsung kepada Gubernur KEPRI agar ada peningkatan kualitas sinyal 4G. “Ijin pak Gubernur, terkait BTS USO yg akan dibangun, kami berharap ada peningkatan kualitas dibandingkan dengan BTS USO sebelumnya. BTS USO yang sebelumnya menggunakan satelit sehingga sinyal 4Gnya kurang memuaskan masyarakat. Masyarakat merasakan fasilitas 4G yang diberikan berkualitas kurang baik dan tidak maksimal. Sehingga kami mengharapkan agar solusi teristerial ditempuh agar sinyal 4G lebih baik”. Lebih lanjut Raja Darmika menekankan, BTS USO yang akan dibangun diharapkan menggunakan transportnya dengan tertisterial/microwave, sehingga sinyal 4G nya lebih baik.

Hadir langsung pada kesempatan ini Kadiskominfo Kepri Zulhendri, Sekdakab Bintan Adi Prihannara bersama Kadiskominfo Bintan Aupa Samake. Sedangkan perwakilan dari Natuna, Anambas dan Karimun hadir secara virtual.

(Diskominfo/Patli)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Panduan Kemenag Natuna, Shalat Idul Fitri dikala Pandemi

(wartaKominfo) – Di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan salat Idul Fitri tentunya akan ...