Home / Natuna News / Rapat Koordinasi Lintas Sektor Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Natuna.

Rapat Koordinasi Lintas Sektor Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Natuna.

(wartaKominfo) – Kamis, 9 Juni 2022, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda membuka sekaligus memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Natuna.

Kepala Dinas DP3AP2KB, Sri Riawati menyampaikan hingga saat ini DP3AP2KB masih sebagai shelter karna belum adanya basecamp untuk penanganan kasus maupun laporan kasus.

Sri juga menyampaikan Laporan kasus pada 2021 diantaranya kasus kekerasan ekonomi atau penelantaran ada beberapa kasus yang mulai meningkat seiring kenaikan pertumbuhan penduduk. Pada kasus mengganggu ketertiban masyarakat tidak ada, kasus perebutan hak asuh anak tidak ada juga serta Human Trafiking 2021 nihil kasus

Lebih lanjut DP3AP2KB melaksanakan sosialisasi dan go to school secara juga membantu menurunkan angka kasus ini kekerasan terhadap perempuan dan anak dari 2019 sampai 2021

Rodhial Huda pada rapat ini mengingatkan untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak maupun penelantaraan ekonomi ini merupakan tanggung jawab laki-laki.

“Pada dasarnya laki-laki yang memiliki tanggung jawab lebih dan merupakan tugas untuk menjaga perempuan dan anak karena pada merekalah akan melahirkan generasi-generasi penerus yg harus kita siapkan masa depannya”. Terang Rodhial

Selanjutnya Wakil Bupati menegaskan Keluarga sendiri adalah hulu untuk potensi pencegahan dan penyelesaian masalah-masalah yang akan memicu tindakan kekerasan maupun penelantaraan terhadap perempuan dan anak.

Hadir juga aparat hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Ranai menjelaskan Restorative Justice, dimana penyelesaian kasus diluar jalur pengadilan juga bisa kita diskusikan dalam rakor ini karena DP3AP2KB secara sosiologis yang lebih banyak mengetahui kasus yang pernah terjadi dan pihak aparat hukum seperti Kejaksaan Kepolisian lebih concern pada aspek yuridis.

Rakor dalam bentuk diskusi ini juga memberikan kesempatan kepada anggota satgas dalam melakukan penyampaian pandangan mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak mulai dari pihak aparat hukum, Pengadilan Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenag, Pokja PKK, Disdukcapil, Organisasi Kewanitaan, BKMT, Forum Anak Natuna, Ikatan Psikologis Klinis.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Bupati Natuna dan Ketua PKK Natuna Lantik Ketua TP. PKK Kecamatan Bunguran Timur Laut .

(wartaKominfo) – Kamis 30 Juni 2022, Ketua PKK Kabupaten Natuna Secara Resmi ...