web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Sambut Ramadhan, Kemenag Keluarkan SE Puasa Ditengah Pandemic.

Sambut Ramadhan, Kemenag Keluarkan SE Puasa Ditengah Pandemic.

Tgl Rilis: Friday, 9 April 2021 | 18:20

(wartaKominfo) – Dalam beberapa hari kedepan Umat Islam akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, tahun ini menjadi tahun kedua masyarakat dunia, termasuk Indonesia melaksanakan ibadah puasa ditengah pandemic. Ini menjadi tantangan sendiri untuk umat muslim, karena ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi guna menghentikan penyebaran wabah covid 19.

Jumat, 09 April 2021 Dalam program Kopi Pagi yang merupakan program kerjasama antara Diskominfo Natuna dan RRI Ranai, secara khusus mengangkat tema menyambut ramadhan dengan vaksinasi covid 19. Dalam acara tersebut hadir secara langsung plt. Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Hikmat Aliansyah, sebagai narasumber menyampaikan “berpuasa ditengah pandemic ini tantangan tersendiri bagi umat Muslim, khususnya di Natuna. Saat ini kita terus mengejar target vaksinasi agar seluruh lapisan masyarakat terlindungi. Saat ini kita masih fokus pada pekerjaan yang bekerja di layanan atau ruang publik. Berikutnya kita akan fokus pada orang tua usia 60 tahun keatas”.

Pada kesempatan tersebut, Hikmat Aliansyah juga menghimbau “Kami harap masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan baik. Hal ini dapat dimulai dengan makan makanan yang bergizi serta banyak minum air putih serta menjaga pola hidup yang sehat. Begitu juga ketika berbuka puasa harus mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi, agar sistem imun kita terjaga dengan sangat baik. Selain itu jika mengalami keluhan kesehatan, dapat langsung melakukan pengecekan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat”.

Kemenag Natuna, H. Sholat yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan “bahwa kita telah menerima surat edaran dari kemenag. Dalam edaran tersebut berisi himbauan bagaimana kita harus menjalankan puasa ditengah pandemic. Kebetulan kita zona hijau, dan Alhamdulillah kita diberikan izin untuk melaksanakan ibadah taraweh. Namun meskipun diberikan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah taraweh, kita tetap harus memastikan bahwa protokol kesehatan diterapkan di setiap rumah ibadah yang menjalankan Ibadah taraweh. Selain itu juga proses vaksin ditengah puasa juga telah diatur dalam surat edaran kementerian agama”.

Pemerintah daerah berharap meskipun menjalankan puasa ditengah pandemic, tidak mengurangi esensi dari ibadah puasa itu sendiri. Selain itu juga akan dilakukan penertiban penjualan menu berbuka puasa, untuk menertibkan kerumunan di jam menjelang waktu berbuka puasa.

( Diskominfo/Patli)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Gubernur Gerak Cepat, Langsung Evaluasi Penerapan PPKM Darurat – Banyak Laporan Tentang Keresahan Masyarakat

Tanjungpinang – Juru Bicara Tim Satgas Penanganan COVID-19 Tjetjep Yudiana mengatakan saat ...