web site hit counter
Home / Natuna News / Satgas Covid-19 Natuna Giat Kampanye “Pakai Masker”

Satgas Covid-19 Natuna Giat Kampanye “Pakai Masker”

Tgl Rilis: Tuesday, 8 September 2020 | 10:24

(wartaKominfo) – Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna sudah terus menerus mengkampanyekan pakai masker kepada masyarakat dalam upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19, mengingat jumlah kasus pasien positif covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Meskipun Natuna dalam kategori zona hijau, hal tersebut tidak menyurutkan upaya-upaya pemerintah untuk terus mensosialisasikan pentingnya memakai masker, pola hidup sehat, dan protokol kesehatan lainnya. Hal tersebut di sampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Natuna, Hikmat Aliansyah.

“Untuk menggerakkan pemakaian masker sudah lama kita lakukan sosialisasi, baik lewat media cetak, elektronik maupun media sosial” tutur Hikmat, saat dikonfirmasi pewarta Kominfo. Selasa(/08/09).

Menurut Hikmat, ketidakdisiplinan memakai masker tidak hanya terjadi di Natuna saja, tetapi terjadi diseluruh Indonesia terutama kota-kota besar.

Ketidakdisiplinan tersebut membuat Presiden Jokowi mengeluarkan Inpres tentang penegakan disiplin mengikuti protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19” kata Hikmat.

Bahkan di Natuna sendiri, Bupati Natuna sudah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Inpres ini diperkuat dengan instruksi Mendagri dimana setiap kepala daerah agar membuat perkada tentang penerapan disiplin mengikuti protokol kesehatan, Natuna sudah dibuat Peraturan Bupati nomor 51 tahun 2020″ tegas nya.

Mengenai hal tersebut, Hikmat mengatakan bahwa pemerintah sudah melakukan sosialisasi atas Perbup No 51 Tahun 2020, bahkan dilakukan juga oleh TNI POLRI, dan Satpol PP ketika patroli.

“Sudah dilakukan sosialisasi oleh TNI Polri dan Satpol PP setiap kali melakukan patroli malam. Disamping itu kami jg sudah melakukan sosialisasi baik lewat RRI, medsos maupun ketika ada pertemuan atau lokmin di Puskesmas Kecamatan” jelas Himkat.

Setelah nanti dirasakan cukup sosialisasinya baru dilakukan penindakan bagi yang melanggar protokol kesehatan salah satunya tidak memakai masker” Hikmat melanjutkan.

Berikut disampaikan oleh Satgas Covid-19 Natuna, protokol kesehatan yang harus diikuti dalam adaptasi kebiasaan baru :

  • memakai masker dan menjaga jarak
  • rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • membawa handsanitazer ketika bepergian
  • olah raga yang teratur
  • makan makanan dengan gizi seimbang
  • tidak bersalaman
  • transaksi non tunai
  • segera mandi setelah pulang dari tempat keramaian

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Jika Kasus Positif Covid-19 Bekembang, Siapkah Natuna

(wartaKominfo) – Semenjak perubahan status ‘zona hijau menjadi zona kuning’ kesiapan Kabupaten ...