Home / Natuna News / Sekda Natuna Hadiri Peringatan 1 Muharram 1445 H Di Mesjid Agung Natuna

Sekda Natuna Hadiri Peringatan 1 Muharram 1445 H Di Mesjid Agung Natuna

(wartaKominfo) – Selasa, 18 Juli 2023, Pemerintah daerah menggelar acara peringatan 1 Muharram 1445 H / 2023 M. Acara peringatan 1 Muharram dilaksanakan di Mesjid Agung Kabupaten Natuna.

Ketua Panitia Hari Besar Islam, Asisten I Kabupaten Natuna, Khaidir dalam sambutanya menyampaikan rasa terimakasihnya atas kerjasama semua pihak sehingga terselenggaranya acara peringatan 1 Muharram 1445 H.

Sekda Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan tahun islam menjadi sebuah refleksi dalam setahun perjalanan kita untuk menjadi umat yang lebih baik ditahun yang baru ini.

” Mari sama sama kita memaknai momentum tahun baru islam ini sebagai gerbang baru dalam menjadi insan yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Semoga dengan datangnya tahun baru Islam ini menjadikan berkah bagi kita semua ” Jelas Boy Wijanarko.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Penghargaan kepada Kontingen Kabupaten natuna yang menjadi pemenang padaSTQH Provinsi Kepulauan Riau Ke X.

Acara ditutup dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh ketua MUI Kota Batam K.H. Luqman Rifa’i,S.Ag. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa tahun baru hijriyah identik dengan kata hijrah.

” Kalender islam dihitung dari hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah, yang merupakan tonggak sejarah kebangkitan Islam. Dan hari ini adalah 1445 tahun dari hari bersejarah kebangkitan Islam” Jelas K.H. Luqman Rifa’i, S.Ag.

K.H. Luqman Rafai juga menyampaikan ada 4 hal penting yang harus menjadi muhasabah dalam Tahun Baru Hijriyah, diantaranya :

1. Umurnya dihabiskan untuk apa

2. Jasadnya untuk apa digunakan

3. Ilmu apa yang telah diamalkan.

4. Hartanya didapat dari mana dan dimanfaatkan untuk apa.

Acara ditutup dengan pembacaan doa akhir tahun serta doa awal tahun. Pemerintah daerah berharap acara keagamaan dapat dilaksanakan secara rutin dalam rangka memakmurkan Mesjid Agung Natuna.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Dan Pengawasan Perizinan Online

(wartaKominfo) – Salah satu langkah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Natuna dalam meningkatkan ...