Home / Natuna News / Sekda Natuna Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Kementerian Polhukam Terkait Permasalahan Telekomunikasi Dan Internet Di Kabupaten Natuna

Sekda Natuna Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Kementerian Polhukam Terkait Permasalahan Telekomunikasi Dan Internet Di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Kamis, 29 Februari 2024 Sekda Natuna menghadiri acara rapat Koordinasi Bersama Kementerian Polhukam yang dilaksanakan di Hotel Avenzel Convention Cibubur, Bekasi Jawa Barat.

Rombongan Kabupaten Natuna disambut langsung oleh Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika, Marsma TNI Budi Eko Pratomo., S.E., M.Sc. Dalam Sambutannya Beliau menyampaikan bahwa rapat ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja yang dilakukan di awal bulan November tahun 2023 lalu.

“Mengingat kabupaten ini sangat membutuhkan akan sinyal, karena Kabupaten ini adalah Kabupaten pulau terdepan sehingga sangat perlu diperhatikan karena itu saya berharap mari bersama-sama turut memperhatikan natuna dan kalau perlu kita sama-sama melihat langsung bagaimana kondisi natuna, karena saya sudah turun kunker langsung ke kabupaten natuna,” jelas Marsma TNI Budi Eko Pratomo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko menyampaikan kondisi Natuna yang isu utamanya adalah kurangnya kapasitas bandwicth untuk peningkatan semua infrastrukrur teknologi informasi dan Komunikasi sebagai sarana peningkatan layanan telekomunikasi yg ada di pulau luar Pulau Induk ( Pulau Bunguran).

“Pihak pemerintah kabupaten natuna juga sudah menindakindaklanjuti dengan surat Bupati ke beberapa pihak terkait, seperti Kementrian Kominfo RI dan BAKTI Kominfo RI, dan PT.Palapa Ring Barat(PRB) serta Operator Seluler (Opsel) dan Internet Service Provider ( ISP ) yang beroperasi di Natuna,” jelas Boy Wijanarko

Sekda Natuna juga berharap rekomendasi yang di ajukan dapat diberi tanggapan dan respon atas surat yang disampaikan tersebut, terkait 3 konsen utama berikut :
1. Plan Solusi Jangka Pendek
– Ijin pemanfaatan tower TNI Teluk Buton oleh Pihak Telkomsel, guna mensolusikan peningkatan telekomunikasi di pulau Laut
– Ijin pemanfaatan tower BAKTI Kominfo RI oleh Pihak Telkomsel, guna mensolusikan peningkatan telekomunikasi di Pulau Midai
2. Plan solusi Jangka Panjang
– Adanya dukungan dari Pemerintah Pusat (Kementerian Kominfo RI) & atau Pihak BUMN, untuk penggelaran kabel fiber optic (KFO ) bawah laut / System Komunikasi Kabel Laut (SKKL ) untuk ke 9 Pulau di luar Pulau Induk (Bunguran).

Plt. Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna Ikhwan Sholihin Menyampaikan bahwa Natuna menginginkan dan mengharapkan agar dapat merasakan pemanfaatan sinyal dengan dengan baik dan lancar, dimana sangat membutuhkan perhatian dan dukungan pemerintah pusat dan pihak terkait yang memiliki kewenangan terhadap telekomunikasi , baik itu terkait dengan peningkatan jaringan maupun peningkatan kualitas layanan infrastruktur Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.

“Diantaranya Peningkatan Kapasitas Bandwitch semua tower dan akses internet Bakti Kominfo RI maupun Operator Seluler ( opsel ) Reguler yang berada di Natuna. Harapannya natuna juga merasakan merdeka sinyal sama seperti daerah lainnya” Tutup Ikhwan Sholihin.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Wagub Kepri Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Ke XI

(wartaKominfo) – Bertempat di halaman Masjid Agung Natuna sekaligus Islamic Center, Wakil ...