Home / Natuna News / Setda Natuna Pimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Haji 1439 H/2018 M

Setda Natuna Pimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Haji 1439 H/2018 M

Penyelenggaraan Haji merupakan agenda rutin tahunan yang melibatkan berbagai lembaga lintas sektoral bagi melayani para jema’ah Calon Haji. Namun demikian perlu disadari bahwa penyempurnaan pelayanan yang dilakukan dari tahun ketahun tidak terlepas dari koordinasi dan komunikasi yang terjalin secara baik.

Untuk itu perlu adanya pembahasan teknis agar setiap bidang dapat menjalankan tugas secara lebih sistematis dan efisien.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi ketika membuka rapat persiapan Penyelenggaraan Haji Kabupaten Natuna Musim Haji 1439 Hijriyah/2018 Masehi, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Batu Sisir-Bukit Arai, Ranai, selasa (10/7) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Natuna, Perwakilan dari Polres Natuna, Lanud Raden Sadjad Ranai, Dinas Perhubungan dan pihak maskapai/Terminal Bandara Sipil Ranai.

Wan Siswandi menjelaskan bahwa rapat ini penting bagi menyatukan informasi kepastian jadwal agar persiapan dari seluruh unsur terkait, baik tim dari Dinas Perhubungan, Pengawalan maupun kesiapan pelayanan bandara dapat direncanakan sesuai agennda keberangkatan rombongan Calon Jema’ah Haji (CJH) asal Kabupaten Natuna.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Drs. H. Ahmad Husin menjelaskan bahwa untuk tahun ini, CJH asal Kabupaten Natuna berjumlah 89 orang  yang rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 16 Juli 2018 mendatang, bergabung dengan CJH lainnya asal Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri di Asrama Haji Batam.

Selanjutnya CJH yang sudah tergabung nantinya akan diberangkatkan pada tanggal 17 Juli 2018 mendatang setelah diinapkan semalam serta diberikan berbagai pembekalan oleh Panitia Penyelenggaraan Haji Provinsi Kepri. Informasi diatas disampaikan agar dapat diketahui oleh seluruh panitia agar kesiapan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Perwakilan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Hikmat menjelaskan bahwa sampai saat ini seluruh CJH sudah melalui tahap pengecekan kesehatan yang dilakukan dalam 2 tahap. Sedangkan untuk Vaksin Meningitis akan diberikan pada saat manasik haji mendatang.

Adapun CJH yang sudah terdata dan melakukan pemeriksaan tahap pertama di Puskesmas Ranai dan tahap kedua RSUD Natuna, dengan rincian 41 orang berusia dibawah 60 tahun dan 48 orang berusia diatas 60 tahun. Sedangkan CJH berdasarkan jenis kelamin, 39 orang Pria dan 50 orang Perempuan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Natuna, H. Syarifuddin juga menjelaskan bahwa untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Natuna tidak menyelenggarakan Manasik Haji.

Namun kegiatan tersebut dialihkan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna sebagai penyelenggaranya pada tanggal 15 Juli 2018 mendatang, bertempat di Asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai.

Untuk kelancaran proses mengantar keberangkatan CJH tersebut, diakui pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan seluruh pihak yang terlibat, terutama terkait pengurusan pengangkutan jemaah, barang bagasi, keamanan dan hal lain yang dianggap perlu.

(Humas_Pro/Red/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

JCH asal Kabupaten Natuna berangkat ke Madinah dalam Kloter 1 Embarkasi Batam

Bertempat di Asrama Haji Kepulauan Riau di Kota Batam, Gubernur Kepulauan Riau, ...