Home / Natuna News / Tahniah, Desa Limau Manis Terima Penghargaan Sebagai Percontohan Desa Anti Korupsi Tahun 2023 Oleh KPK RI

Tahniah, Desa Limau Manis Terima Penghargaan Sebagai Percontohan Desa Anti Korupsi Tahun 2023 Oleh KPK RI

(wartaKominfo) Selasa, 28 November 2023, Kepala Desa Limau Manis, Zarkawi menghadiri acara launching desa anti korupsi Tahun 2023 , sekaligus menerima penghargaan sebagai percontohan desa anti korupsi yang di berikan oleh KPK RI. Acara pemberian penghargaan dilaksanakan di Desa Tengin Baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Direktur Bidang Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Kumbul Kusdjiwanto Sudjadi dalam laporannya menyampaikan Sepanjang tahun 2021-2023 ada 33 Desa yang tersebar di 33 Provinsi. Sebanyak 22 desa di Indonesia yang menjadi percontohan desa antikorupsi ditahun 2023 termasuk Desa Tengin Baru, Kalimantan Timur.

Pada launching hari ini ada 22 desa yang terpilih menjadi desa percontohan sebagai desa antikorupsi tahun 2023. Tujuan Program Desa Antikorupsi ialah menyebarluaskan tentang pentingnya membangun integritas dan nilai-nilai antikorupsi kepada pemerintah dan masyarakat desa” Jelas Kumbul Kusdjiwanto SudjajiPenetapan desa antikorupsi ini berdasarkan 3 trisula yakni pendidikan, pencegahan, dan penengakan hukum, yang mana ketiganya harus dilakukan secara masif.

Untuk dapat menjadi Desa Anti Korupsi perlu peran serta masyarakat, KPK hanya mendorong, desa lah yang akan bekerja, mau tidak mau untuk menjadi Desa Anti Korupsi. Karena Desa ini tingkat terkecil di pemerintahan, maka di tingkat atas maupun bawah dapat pemahaman yang sama terkait pencegahan korupsi.

Kepala Desa Limau Manis yang hadir langsung dan menerima penghargaan tersebut, Zarkawi menyampaikan rasa haru dan bangganya atas terpilihnya Desa Limau Manis.

“Tentunya ini adalah pencapaian teringgi yang pernah dicapai oleh Desa Limau Manis. Menjadi 22 Desa Terpilih Se Indonesia bukanlah proses yang mudah, namun dukungan pemerintah daerah, kecamatan, desa serta partisipasi masyarkat menghasilkan hasil yang memuaskan. Kita harap ini dapat menjadi momentum bagi Desa Limau Manis untuk lebih baik kedepannya” Jelas Zarkawi

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Audiensi Bersama Universitas Pertamina, Bupati Natuna Monitoring 18 Penerima Beasiswa Dari Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Kamis, 22 Februari 2024 Bupati Natuna melanjutkan Audiensi bersama Universitas ...