web site hit counter

LOGIN EMAIL NATUNAKAB

Home / Natuna News / Teknologi Komunikasi 5G Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Teknologi Komunikasi 5G Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Tgl Rilis: Wednesday, 16 June 2021 | 15:04

(wartaKominfo) – Teknologi 5G adalah teknologi internet generasi ke-5 yang merupakan inovasi teknologi konektivitas yang lebih cepat dari teknologi sebelumnya yaitu generasi k-4 atau 4G. Dengan adanya teknologi internet generasi ke-5 ini, maka kita akan merasakan User Experience yang lebih jauh lebih bernilai serta kecepatan yang semakin bertambah.

Implementasi teknologi telekomunikasi 5G menjadi langkah untuk mewujudkan akses telekomunikasi yang lebih berkeadilan dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan implementasi teknologi telekomunikasi 5G juga menjembatani kesenjangan digital, meningkatkan kemampuan dan literasi masyarakat untuk menggunakan teknologi secara lebih adaptif.

“Indonesia telah memasuki era 5G sejak tanggal 27 mei 2021 lalu, Kemenkominfo telah menerbitkan surat layak operasi kebeberapa provider untuk melakukan pengujian kelayakan di daerah monas. Kita juga sudah menyaksikan komersialisasi layanan 5G yang telah dilakukan oleh PT Telkomsel, dan hari ini Indosat juga telah berhasil menjadi operator telekomunikasi berikutnya yang mendapatkan surat keterangan layak operasi (SKLO) untuk komersialisasi layan 5G” ujar Menteri johnny dalam konfrensi pers dari Media Center Kominfo, Jakarta, Selasa (15/06/2021).

Menteri Johnny menjelaskan tahapan penerbitan SKLO ini dilaksanakan sesuai Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Aturan itu merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 mengenai Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Menteri Johnny juga menambahkan Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan teknologi netral dalam implementasi layanan 5G, dalam internet generasi kelima atau 5G pemerintah mengharapakan dapat mendukung industri dan kemajuan masyarakat dimasa depan seiring dengan kecerdasan buatan serta teknologi internet of things.

“Peningkatan performa melalui kecepatan akses yang tinggi atau high speed, kapasitas besar atau high capacity, latensi yang rendah atau low latency serta konektifitas yang sangat banyak merupakan target dari teknologi generasi ke lima ini. Pemerintah akan terus mendukung untuk mendorong pemanfaatan 5G yang semakin masimal” Ujar Menteri Johnny.

Menteri Johhny juga menekankan pembangunan 5G ini akan melakukan perubahan, cara kita mengisi dunia digital yang terus berkembang, komersial dari operation 5G dapat dimanfaatkan secara maksimal dan optimal dan secara cerdas untuk kepentingan pembangun. Serta menjadi langkah awal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

(Diskominfo/patli)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Dibekali Alutsista Terkini, 4 Kesatuan Udara Diresmikan KSAU, 2 Diantaranya ada di Natuna

MEDIAKEPRI, Natuna –  Kepala Staf TNI AU (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, sebagai negara kepulauan ...