Home / Natuna News / Temu Ramah Pangkogabwilham I dan Danpussenif TNI-AD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna

Temu Ramah Pangkogabwilham I dan Danpussenif TNI-AD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Panglima Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilham I), Laksamana Madya TNI Agus Hariadi dan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) TNI-AD, Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho beserta rombongan menggelar Temu Ramah bersama Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai (22/01/2024) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Natuna menyambut baik kedatangan Pangkogabwilham I dan Danpussenif di Natuna ini.

“Selamat datang Pangkogabwilham I dan Danpussenif TNI-AD beserta rombongan di Natuna tercinta kita ini, ujung utaranya Indonesia,” sambut Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Bupati Natuna juga melaporkan bahwa keadaan natuna saat ini aman dan terkait Pemilu dan Pilkada Serentak, Natuna dalam keadaan damai dan aman.

“Saya laporkan juga kepada Pangkogabwilham dan jajaran TNI Polri yang hadir malam ini bahwa Natuna ini dalam kondisi aman dan terkait dengan Pemilu dan Pemilukada Serentak nanti 14 Februari yang akan datang, insya allah Natuna akan terus kondusif dan siap dalam menghadapi pesta demokrasi tersebut,” jelas Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Terakhir dalam sambutannya Bupati Natuna berterima kasih kepada jajaran TNI Polri atas segala dukungan keamanan pertahanan dan ketertiban yang sudah terjalin di Natuna ini.

“Kita tahu bahwasanya Natuna ini adalah daerah perbatasan dan rawan konflik perbatasan dengan negara-negara tetangga atau terutama dengan negara Tiongkok oleh karena itu saya sebagai Bupati dan juga perwakilan masyarakat Natuna sangat berterima kasih kepada jajaran TNI Polri yang selalu sigap menjaga keamanan dan ketertiban serta pertahanan negara khususnya untuk Natuna itu sendiri dan umumnya untuk kepentingan negara. Semoga ke depannya sinergitas antara pemerintah daerah dengan TNI Polri terus sinergi dan selalu kompak dalam menghadapi permasalahan sosial, kebencanaan, keamanan, ketertiban, dan pertahanan di Natuna,” tutup Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksamana Madya TNI Agus Hariadi. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Natuna ini wilayah yang sangat strategis di wilayah Laut Tiongkok Selatan dan perlu kita jaga dengan baik.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati yang telah menyambut kami dengan baik. Kita tahu bahwa Laut Utara Natuna ini atau wilayah Laut Tiongkok Selatan sangat strategis dan juga rawan konflik dengan Tiongkok yang membuat kita harus fokus dan solid menjaga keamanan dan pertahanan negara tercinta kita ini.” jelas Pangkogabwilham I, Laksma TNI Agus Hariadi.

Terakhir sambutan dari Komandan Pussenif TNI-AD, Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho yang baru pertama kali ke Natuna ini.

“Terima kasih Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati yang menyambut saya beserta rombongan dengan sangat baik dan ramah di Natuna ini dan ini juga saya pertama kali ke Natuna dan berkesempatan melihat indahnya Natuna serta Seafood Natuna yang segar-segar,” ungkap Danpussenif TNI-AD, Letjen TNI Anton Nugroho.

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Kogabwilhan I adalah komando utama operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Fungsi dan peran Kogabwilhan akan mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI seperti yang ada di Natuna, Morotai, hingga Biak, dan dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia tertanggal 18 Oktober 2019 dengan tugas sebagai penindak awal dan pemulih bila terjadi konflik di wilayahnya, baik untuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta sebagai penangkal apabila terjadi ancaman dan juga dibentuk untuk mengantisipasi gangguan keamanan nasional dan diharapkan dapat mengantisipasi berbagai kerawanan yang timbul, baik itu potensi ancaman yang berasal dari luar dan dalam negeri, termasuk di dalamnya bertindak sebagai kekuatan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan di wilayahnya yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Sedangkan Pusat Kesenjataan Infanteri atau Pussenif adalah Badan pelaksana pusat TNI Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah Kasad di bidang pembinaan kesenjataan dan penelitian serta pengembangan Infanteri. Pussenif memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kesenjataan Infanteri, pendidikan dan latihan, penelitian dan pengembangan Infanteri serta Lintas Udara di lingkungan Angkatan Darat dalam rangka pembinaan kemampuan dan kekuatan satuan Infanteri.

Turut hadir juga Komandan Lanud Raden Sadjad, Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada 1,Komandan Pangkalan TNI-AL Ranai, Komandan Den Hanud 477 Kopasgat, Komandan Satuan Radar 212 Ranai, Komandan Kodim 0318/Natuna, Komandan Batalion Komposit I/GP, Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, Kapolres Natuna, Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Ketua Pengadilan Negeri.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Wakil Bupati Rodhial Hadiri Haflah Sekaligus Wisuda Tahfiz SMP IT NIQ T.A. 2023/2024. 

(WartaKominfo) – Wakil Bupati, Rodhial Huda menghadiri Haflah sekaligus wisuda tahfiz SMP ...