Home / Natuna News / Terima Audiensi Konsultan Konsulat Australia, Bupati Natuna Bicara Soal Penguatan Sumberdaya Dan Potensi Kemaritiman

Terima Audiensi Konsultan Konsulat Australia, Bupati Natuna Bicara Soal Penguatan Sumberdaya Dan Potensi Kemaritiman

(wartaKominfo) – Selasa, 28 Februari 2023, Bupati Natuna menerima kunjungan Konsulat Australia di ruang kerja Bupati lantai dua. Dalam kunjungan tersebut hadir langsung Mr. Tim Stapleton, Minister-Counsellor (Economic, Infrastructure and Investment) dan Mrs. Sarah Willis, Consellor Political dari Kedutaan besar Asutralia.

Bupati Natuna, Wan Siswandi Dalam Sambutanya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kunjungan Konsulat Australia. Beliau berharap dengan adanya audiensi ini dapat menjalin kerjasama dalam berbagai sektor yang dapat mendukung pembangunan Kabupaten Natuna.

“Pada kesempatan ini saya gambarkan secara umum perkembangan pembangunan di Kabupaten Natuna . Berdasarkan amanat pemerintah pusat ada lima prioritas pembangunan di Kabupaten Natuna diantaranya, Pariwisata, Kesehatan, Kelautan dan Perikanan, Minyak dan Gas, serta Pertahanan” Jelas Wan Siswandi

Lebih lanjut Wan Siswandi menyampaikan untuk mendukung kelima prioritas pembangunan tersebut pemerintah daerah tidak hanya mendorong pembangunan insfrastruktur namun juga penguatan kualitas sumberdaya manusia.

“Sebagai wilayah maritin tentunya penguatan sumberdaya dibidang maritim adalah bagian dari prioritas. Sehingga kita berharap melalui audiensi kita dapat fokus pada dua hal penguatan investasi dan penguatan sumberdaya manusia” Tambah Wan Siswandi.

Rodhial Huda dalam Sambutanya menyampaikan bagaimana audiensi ini dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah Australia terkait pwmberdayaan nelayan lokal melalui program exchange untuk peningkatan skill nelayan daerah.

“Saat ini pemerintah daerah sedang berfokus dalam penguatan sumberdaya manusia. Sehingga kita berharap bagaimana audiensi ini dapat melahirkan kerjasama dalam student exchange bagi pelajar dalam peningkatan kualitas sumberdaya. Selanjutnya bicara perikanan dan kelautan bagaimana nelayan daerah dapat melakukan exchange untuk peningkatan skill dalam proses penangkapan dan pengelolaan hasil laut” Jelas Rodhial Huda

Mr. Tim Stapleton dalam audiensi tersebut menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari bentuk respobilitas kedutaan besar Australia untuk menjadi kerjasama dengan berbagai daerah yang memiliki potensi pembangunan khususnya didaerah perbatasan.

“Australian Embbasy dalam kunjungan ini ingin mengetahui bagaimana tantangan nelayan lokal dalam memaksimalkan potensi kelautan. Sehingga mungkin ada beberapa sektor yang dapat kami dukung sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh nelayan lokal” Jelas Mr. Tim Stapleton

Lebih lanjut Tim Stapleton menyampaikan investasi dalam bentuk apa yang dapat meningkatkan produktivitas hasil tangkap nelayan. Tim juga membahas terkait bentuk investment apa saja yang telah dijalankan oleh pemerintah daerah.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Natuna menyampaikan tantangan terbesar dalam memaksimalkan hasil tangkap adalah teknologi, karena nelayan masih melakukan tangkapan dengan cara tradisional. Sehingga penguatan investasi difokuskan pada pengembangan teknologi penangkapan serta pengelolaan hasil tangkap dalam sekala besar.

Acara audiensi dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke SKPT Selat lampa, untuk meninjau wilayah lelang penangkapan ikan dalam penguatan investor.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Rayakan Hari yang Fitri, Sekda Natuna Gelar Open House Dikediamannya

(WartaKominfo) – Rabu (10/04)- Sekda Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko, gelar open house ...