Home / Natuna News / Terpilih Sebagai Geopark Nasional, Tim Geopark Natuna Belum Lega

Terpilih Sebagai Geopark Nasional, Tim Geopark Natuna Belum Lega

(WartaKominfo) – Geopark Natuna belum lama ini telah diresmikan menjadi Geopark Nasional. Kabar bahagia ini disambut antusias dan suka cita. Namun hal tersebut tidak membuat Tim Geopark Natuna merasa lega.

Bagaimana tidak, status Geopark Nasional ini bisa saja sewaktu-waktu dicopot jika Kabupaten atau Kota tersebut dianggap tidak serius menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BPGN Izwar Aspawi dalam Rakor membahas rencana aksi daerah dan tindak lanjut rekomendasi status Geopark Nasional  (14/01/2019).

“Terkait beberapa rekomendasi yang harus kita realisasikan setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, kita harus bergerak cepat. Kalau kita tidak bergerak cepat,  status kita bisa dicopot. Untuk itu kita harus bekerja keras” , kata Izwar.

Setelah berhasil mencapai status geopark Nasional, dengan potensi yang tidak biasa pada akhirnya keinginan Natuna adalah menjadi Geopark Dunia atau Natuna menunju Global Geopark Network.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdikpora Suherman memaparkan beberapa rencana aksi dari instansinya yang dapat dikaitkan dengan geopark. Diantaranya adalah :

  1. Geopark Goes To School.
  2. Kurikulum Muatan Lokal.
  3. Outboand.
  4. Duta Wisata.

Suherman juga menegaskan bahwa apapun yang pihaknya lakukan,  kegiatan apapun,  tidak lain adalah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

“Tujuan kami adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan yang kami lakukan adalah bentuk peningkatan kualitas pendidikan” papar nya.

Sementara itu, pihak Kominfo dengan tupoksinya merencanakan beberapa aksi untuk mendukung geopark antara lain :

  1. 1.Pembuatan Website Geopark Natuna.
  2. Publikasi melalui media cetak dan elektronik.
  3. Membuat QR Code di Sign Board.
  4. Perluasan Jaringan Telekomunikasi.

Kepala Diskominfo,  Raja Darmika mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan bagaimana caranya daerah-daerah yang menjadi tujuan Geopark tersebut mudah akses telekomunikasi nya.

“Untuk masalah website,  tidak masalah.  Kami bisa menyediakan hanya saja perlu bantuan untuk sisi konten nya. Dan masalah telekomunikasi,  kami usahakan daerah-daerah yang menjadi tujuan geopark ini biar ada sinyal” imbuh Raja.

Beberapa rencana aksi yang disampaikan OPD terkait kepada BPGN akan dimatangkan kembali demi mempertahankan status Natuna sebagai Geopark Nasional dan mengusung Natuna menuju Geopark Dunia.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Kedubes Jepang Berencana Bangun Destinasi Wisata di Kabupaten Natuna

Bupati Natuna yang diwakili Sekretaris Daerah, Wan Siswandi didampingi beberapa Pimpinan Organisasi ...