Home / Natuna News / Pemda Siapkan Natuna Menuju Geopark Dunia

Pemda Siapkan Natuna Menuju Geopark Dunia

(WartaKominfo) – Senin,  (14/01/2019) bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Natuna,  Badan Pengelola Geopark Natuna (BPGN) menggelar rapat lanjutan pembahasan tindak lanjut rekomendasi sekaligus penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Natuna Geopark Nasional dalam rangka menindak lanjuti rapat koordinasi antara pengurus Badan Pengelola Geopark (BPG) pada (09/01) lalu.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Natuna yang juga sebagai Ketua BPGN, H. Izwar Aspawi .

Turut hadir dalam rakor tersebut,  Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna sekaligus Wakil I BPGN Hardinansyah, Kepala Disparbud Erson Gempa Afriandi, Sekretaris Disparbud  Indah Titik Suprapti, Kepala BP3D Moestofa Albakry,  Kepala Diskominfo Raja Darmika beserta jajaran, dan Kepala Disdikpora Suherman beserta jajaran.

Pada kesempatan tersebut Ketua BPGN,  Izwar meminta OPD teknis terkait seperti Diskominfo dan Disdikpora diminta untuk membantu BP3D dalam membuat rencana aksi 5 tahun kedepan terhadap program Geopark Nasional karna ini adalah hal-hal yg mendukungnya Natuna menjadi Geopark Global.

“Khusus hari ini, kita dari Badan Pengelola Geopark Natuna mengundang Disdikpora dan Diskominfo selaku OPD teknis terkait untuk membuat rencana aksi sesuai inventarisasi tupoksi OPD nya masing-masing dalam menjalankan atau menindaklanjuti rekomendasi Natuna sebagai Geopark Nasional, juga sebagai penunjang untuk Natuna menuju Geopark Dunia atau Global Geopark Network UNISCO” , kata Izwar.

Kepala Disparbud, Erson Gempa menjelaskan bahwa geopark bukanlah kawasan mewah, melainkan kawasan yang mengandung tiga unsur yang harus dijaga bersama.

“Geopark bukanlah kawasan mewah, resort mahal,  melainkan sebuah kawasan yang memiliki nilai geologi,  keragaman budaya dan hayati yang harus kita jaga bersama” tutur Erson.

Untuk itu,  Erson menghimbau setiap OPD terkait saling besinergi untuk menjalankan program Geopark Nasional untuk mencapai Geopark Global salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sektor Pariwisata Kepri Dapat Menyaingi Bali dan Jakarta

(WartaKominfo) – Meningkatnya pariwisata Natuna akan menambah kekuatan bagi Provinsi Kepulauan Riau ...