web site hit counter
Home / Natuna News / Tetapkan Dua Titik Lokasi Lego Jangkar di Natuna, Menko Luhut Minta Perencanaan Dibuat Secara Total

Tetapkan Dua Titik Lokasi Lego Jangkar di Natuna, Menko Luhut Minta Perencanaan Dibuat Secara Total

Tgl Rilis: Kamis, 28 Februari 2019 | 06:44

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, meminta pemerintah daerah dan instansi terkait untuk segera merancang dan mempersiapkan perencanaan total, pembangunan dua titik lego Jangkar di Kepri yakni di wilayah Natuna.

Hal itu dikatakan Luhut pada rapat tindaklanjut Rakor tentang pengaturan sektor tata ruang dan perikanan di perairan Natuna yang juga dihadiri Sekretarisrah H TS Arif Fadillah Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, serta Asisten III pemerintah provinsi Kepri bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Selatan, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Dalam Rapat itu Luhut juga mengatakan, Kemaritiman menjadi perhatian besar apalagi Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau-pulau yang memiliki potensi besar dan harus terus dijaga serta manfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

Terkait lego jangkar, dari hasil review pada rakor sebelumnya, diputuskan terdapat beberapa lokasi yang berpotensi sebagai titik lego, antara lain Tarempa, Pulau Laut,Selat Penagi, Selat Lampa, Pulau Subi dan Sarasan.

Namun setelah dilakukan peninjauan, akhirnya menjadi dua lokasi yang paling besar potensinya dan cocok untuk dijadikan lokasi lego yakni Selat Lampa dan Selat Penagi.

“Perencanaan secara total harus segera dirancang dan diserahkan akan ditetapkan menjadi lego jangkar yang masuk dalam pembangunan nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Luhut juga minta agar segera di fokuskan saja, apalagi setelah dilakukan pengamatan sudah terdapat dua titik yang berpotensi, maka perencanaan secara total harus segera dirancang.

“Kalau bisa dalam dua minggu kedepan ada gambaran langsungnya, jadi kita bisa secepatnya bergerak,” tegas Luhut.

Sedangkan terkait penangkapan ikan, Luhut meminta pihak terkait agar segera membangun sistem penangkapan ikan yang bagus dan baik. Jangan ada lagi kesenjangan yang membuat para nelayan tidak sejahtera dan sulit untuk bekerja.

“Kita utamakan kesejahteraan nelayan dengan memberikan laluan bagi mereka di laut, kita harus bantu mereka,” lanjut Luhut.

Atas rencana dan gagasan kementeriaan koordinator kelautan itu, Seretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri Arif Fadillah sangat mendukung penuh rencana yang digagas oleh pihak Kemenko Maritim tersebut.

“Sebagai garda terdepan, Kepri yang sebagian besar wilayahnya adalah laut tentu harus memiliki kekuatan dibidang kemaritiman,” kata Arif setuju.

Arif menambahkan, potensi laut yang besar di Kepri saat ini perlu sarana dan prasarana pendukung lainnya, kendala di lapangan saat ini masih sulitnya para nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal, terbatasnya bahan bakar lalu rumitnya perizinan juga masih menjadi hambatan.

“Tentu adanya agenda besar ini sangat membantu dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat,” lanjut Arif.

Editor: Chandra

Sumber : https://batamtoday.com/home/read/125713/Tetapkan-Dua-Titik-Lokasi-Lego-Jangkar-di-Natuna-Menko-Luhut-Minta-Perencanaan-Dibuat-Secara-Total

Sumber Gambar : https://batamtoday.com/media/news/rapat-luhut.jpg

 

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Jajaki Kerjasama dengan Dubes Singapura

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, kembali melakukan penjajakan kerjasama ...