Home / Natuna News / Wabup Natuna Pimpin Rakor Penyelesaian Tindak Lanjut atas Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kepri terkait Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Natuna

Wabup Natuna Pimpin Rakor Penyelesaian Tindak Lanjut atas Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kepri terkait Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemda Natuna menggelar rapat koordinasi, dalam rangka penyelesaian tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK RI perwakilan Kepri terkait percepatan penurunan stunting di Kabupaten Natuna, yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Natuna, sekaligus ketua Tim Percepatan Perguruan Stunting (TPPS), Rodhial Huda.

Rakor digelar di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, pada Rabu, (01/04/2024), Siang.

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) merupakan garda terdepan dalam upaya menurunkan prevalensi stunting di setiap daerah.

Tugas TPPS adalah mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting di wilayahnya. TPPS terdiri dari Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten Kota, Kecamatan dan Desa.

Sesuai dengan Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 penurunan prevalensi stunting pada balita telah menjadi salah satu major project dengan target sebesar 14% di tahun 2024.

Oleh karena, itu BPK RI akan turut mengawal kebijakan dan upaya pemerintah daerah dengan melaksanakan pemeriksaan kinerja atas upaya pemerintah daerah dalam percepatan penurunan prevalensi stunting dengan memberikan pendapat mengenai program-program dan kebijakan yang kinerjanya baik, serta memberikan tinjauan masa depan dengan menyorot implikasi jangka panjang dari keputusan/kebijakan yang dibuat pemerintah daerah.

Adapun beberapa hasil pemeriksaan BPK terkait penanganan stunting di Kabupaten Natuna dibahas satu persatu oleh setiap OPD terkait Penanganan Stunting di Natuna untuk segera dituntaskan.

Dalam rakor Wakil Bupati Natuna juga berkesempatan menyampaikan arahan kepada seluruh OPD, untuk segera menyelesaikan setiap hasil pemeriksaan BPK terkait penanganan stunting yang ada di Kabupaten Natuna.

“Semoga apa yang diarahkan dapat segera terselesaikan sehingga tidak menghambat yang lainnya dalam penanganan stunting ini, semoga kita bisa menyelesaikan dengan niat yang baik tentunya dengan ridho Allah SWT, semoga tidak ada halangan dalam kita menghadapinya,” tutur Rodhial Huda.

Dalam rakor turut hadir Wakil Bupati Natuna, Kepala BP3D, Kabid PPM, Kadis P3AP2KB, Inspektur Inspektorat, Camat, Kabid PIKP Kominfo, Dinkes, Kadis Sosial, DPMD.

Diskominfo/Nia

x

Check Also

Wagub Kepri Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Ke XI

(wartaKominfo) – Bertempat di halaman Masjid Agung Natuna sekaligus Islamic Center, Wakil ...