web site hit counter
Home / Natuna News / Antisipasi Covid-19, Dishub Sosialisasi Angkutan Darat Sehat

Antisipasi Covid-19, Dishub Sosialisasi Angkutan Darat Sehat

Tgl Rilis: Thursday, 26 March 2020 | 16:32

(WartaKominfo) – Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Natuna turun kejalan dalam rangka Sosialisasi Angkutan Darat Sehat. Kamis, (26/03).

Kepala Bidang Darat Dishub Natuna, Wan Abdul Halim mengatakan, Pihaknya menindak lanjuti penetapan siaga darurat bencana virus corona ini dengan cara sosialisasi langsung kepada seluruh sopir angkutan umum, maupun supir truk dengan membagikan selebaran yang berisikan himbauan.

Hari ini kita telah mengadakan sosialisasi dengan para sopir angkutan umum, supir truk. Ini upaya kami untuk memberikan informasi kepada sopir angkutan, bagaimana tata cara pencegahan virus corona,” kata Abdul Halim saat dikonfirmasi pewartaKominfo. (26/03).

Menurut nya , pencegahan penyebaran virus corona di angkutan umum menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Pasalnya, tranportasi umum menjadi sarana yang digunakan banyak orang.

Selain menjalankan peran sebagai bagian dari Satgas Penaggulangan Covid-19 Natuna, kegiatan tersebut adalah tindak lanjut daru himbauan Kadis Perhubungan Provinsi Kepri melalui Surat Edaran Nomor 800/423/SET/2020 tentang pencegahan penularan covid-19 untuk pengguna angkutan umum.

Berikut himbauan Dishub dalam kegiatan tersebut :

  1. Seluruh transportasi umun untuk menyemprotkan disinfektan didalam angkutan umum, disekitar tempat duduk penumpang.
  2. Supir selama mengoperasionalkan angkutan agar menggunakan masker.
  3. Melakukan deteksi suhu tubuh bagi penumpang dan supirnya
  4. Perusahaan/pemilik angkutan agar menyediakan handwash antiseptic/hand sanitizer untuk penumpang.

Untuk point nomor 3, dikarenakan tidak memiliki alat, penumang yang sekiranya dalam keadaan tidak enak badan atau demam, tidak dinaikkan, dan harap menelpon petugas” ujar Abdul Halim.

Selain upaya tersebut, Dishub juga melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh armada angkutan seperti terminal, pangkalan ojek dan lainnya. “Kalau ada Damri yang lewat, kami akan stop dan akan semprotkan disinfektan” tambah nya.

Tidak hanya itu, Dishub juga melakukan penyemprotan di titik-titik keramaian lainnya seperti area wifi publik yang biasa ramai masyarakat berkumpul.

Kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di tenpat wifi, tempat ramai anak-anak nge-net. Selain mengerikan sosialisasi hari ini, kedepannya kita akan terus pantau apakah supir sudah memakai masker, dan lain sebagainya. ” pungkas nya, mengakhiri.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Tekankan OPD Tetap Jalankan Tugas Pemerintahan

Meski ditengah kondisi mewabahnya Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19), Bupati Natuna Drs. ...