web site hit counter
Home / Natuna News / Asisten Ekbang Buka Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Se- Kabupaten Natuna

Asisten Ekbang Buka Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Se- Kabupaten Natuna

Tgl Rilis: Wednesday, 11 March 2020 | 13:33

Bertempat di Aula Hotel Central Ranai, Selasa (10/03) lalu, Bupati Natuna yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H. Tasrif,S.Sos membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Se- Kabupaten Natuna. Turut hadir dalam acara tersebut, para Staf Ahli, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, dan para peserta yang merupakan pengurus Koperasi se- kabupaten Natuna.

Kondisi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Natuna belum menunjukan mampu menunjukkan perannya yang signifikan dalam mendukung perekonomian daerah, baik secara kelembagaan maupun tingkat usaha.

Pada sambutan, H. Tasrif,S.Sos menerangkan bahwa kondisi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Natuna belum menunjukan mampu menunjukkan perannya yang signifikan dalam mendukung perekonomian daerah, baik secara kelembagaan maupun tingkat usaha. sedangkan hal mendasar yang dihadapi adalah terbatasnya akses koperasi dan UMKM kepada sumberdaya produktif seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar.

Keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja atau investasi telah menyebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya disamping sulit juga untuk mengembangkan produk yang berdaya saing.

Untuk mengatasi masalah diatas, pemerintah daerah telah berupaya mengambil berbagai kebijakan, diantaranya dengan memberdayakan koperasi dan menumbuh kembangkan wira usaha baru. Dalam pelaksanaan pembangunan, berbagai upaya dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan berbagai potensi yang ada.

Selain itu, dari beberapa koperasi yang tumbuh di Kabupaten Natuna  terutama di daerah pedesaan juga masih belum terlihat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi anggota koperasi. Untuk itu diperlukan upaya mengembalikan fungsi koperasi di pedesaan agar dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya dan masyarakat, serta mampu berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro, Drs. H Agus Supardi,M.Si, melaporkan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan, berbagai upaya dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan berbagai potensi yang ada.

Hal ini penting karena sekaya apapun potensi yang terkandung disuatu wilayah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal jika tidak didukung oleh SDM yang mampu mengelola potensi tersebut secara maksimal menjadi bernilai ekonomis. Untuk itu Pemerintah Daerah sampai Pemerintah Pusat telah merancang program peningkatan ekonomi daerah, diantaranya dalam upaya memberdayakan masyarakat melalui pengembangan keterampilan, kemampuan untuk pengembangan usaha, termasuk melalui pengelolaan koperasi yang lebih baik.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan bagi para pengelola koperasi yang beroperasi di tingkat kecamatan dan desa, agar kedepan lebih mampu mengelola koperasi untuk berperan dalam mendukung terciptanya kesejahteaan anggota dan mampu memberdayakan potensi sekitar sebagai modal meningkatkan produktifitas

Selanjutnya, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 18 orang yang berasal dari 15 Kecamatan. (Pro_Kopim/Endang/Eki)

RILIS PERS, Nomor : 1128 /PRO_KOPIM/2020

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi New Normal, Bupati Natuna Sambangi Subi

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyambangi Kecamatan Subi dalam rangka Sosialisasi Peraturan ...