Home / Natuna News / Bupati Natuna Harapkan Aset Perumahan Khusus Bermanfaat bagi Masyarakat Kurang Mampu

Bupati Natuna Harapkan Aset Perumahan Khusus Bermanfaat bagi Masyarakat Kurang Mampu

Bertempat di Desa Tanjung Kecamatan Bunguran Timur Laut, rabu (10/04) Siang, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyerahkan secara resmi pemanfaatan Rumah Khusus kepada masyarakat, dihadiri oleh perwakilan dari Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Riau, Asisten Administrasi, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan kepala desa se-Kecamatan Bunguran Timur Laut dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Hamid Rizal menjelaskan bahwa perhatian pemerintah daerah melalui program kerja pembangunan melingkupi sektor yang sangat luas, diantaranya  tanggungjawab pembenahan fasilitas umum, termasuk pembangunan perumahan bagi masyarakat kategori kurang mampu melalui program kerja bersama yang bersinergi dengan pemerintah tingkat provinsi maupun pemerintah pusat.

Seperti program pembangunan perumahan khusus yang diserahkan kali ini dimana realisasinya merupakan hasil program kerjasama antara pemerintah daerah yang sudah membebaskan lahan/lokasi, sedangkan pemerintah pusat melalui kemen PUPR membangun fasilitas rumah khusus ini.

Walaupun dengan ukuran kecil, hamid berharap aset perumahan khusus ini benar-benar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan dijaga agar tidak dirubah, karena hal tersebut merupakan kebijakan kementerian PUPR yang harus dipatuhi dan memiliki kekuatan hukum berupa sanksi terhadap pelaku yang sengaja merubah bentuk rumah asal.

Hamid mengakui kedepan pemerintah daerah akan berupaya untuk mencari solusi, membangun koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mencari solusi agar perumahan ini dapat dimodivikasi sesuai kebutuhan, sehingga memiliki luas ruangan yang lebih memadai.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma melaporkan bahwa pembangunan Rumah Khusus ini dilatar belakangi sourvei kondisi masyarakat yang kemudian diajukan melalui proposal kepada pihak     Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2017 lalu, dan terealisasi pada 2018.

Adapun fasilitas rumah khusus yang dibangun di Kecamatan Bunguran Timur ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, seperti nelayan, masyarakat yang terkena dampak pembangunan dan bencana alam serta masyarakat yang berdomisili di wilayah terpencil dan tertinggal.

Hendra juga melaporkan bahwa terdapat 50 Unit rumah tipe 28 yang merupakan program kerja percontohan bagi Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau dimana untuk tahun ini hanya direalisasikan di Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna..(Humas_Pro/Endang)

doc.humpro (eri)

RILIS PERS, Nomor : 853 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Kedubes Jepang Berencana Bangun Destinasi Wisata di Kabupaten Natuna

Bupati Natuna yang diwakili Sekretaris Daerah, Wan Siswandi didampingi beberapa Pimpinan Organisasi ...